PENINGKATAN PRODUKTIFITAS DAN PERBAIKAN LAHAN TAMBAK BERO DENGAN PENERAPAN PAKET TEKNOLOGI TRIKULTURE (TIGA KULTIVAN YANG BERBEDA)

Irwani, Irwani and Suryono, Chrisna A. and Djunaedi, Ali (2005) PENINGKATAN PRODUKTIFITAS DAN PERBAIKAN LAHAN TAMBAK BERO DENGAN PENERAPAN PAKET TEKNOLOGI TRIKULTURE (TIGA KULTIVAN YANG BERBEDA). Documentation. FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

510Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
223Kb

Abstract

Trikultur merupakan model sistim budadaya dengan memelihara tiga biota path lahan dan waktu yang bersamaan. Sistim budidaya yang selama ini dilakukan masyarakat Morodemak adalah monokultur bandeng atau udang sehingga produksinya sangat rendah karena masih menggunakan teknologi tradisional. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan produksi tambak bero dengan konsep budidaya trikultur. Metodologi pemecahan masalah yang digunakan adalah mengubah sistim dari budidaya monokultur menjadi trikultur 3 jenis biota yang bebeda. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mitra kerja (petambak) sangat berantusias dan tertarik untuk menerapkan sistim budidaya trikultur yang dikenalkan dalam kegiatan ini. Kegiatan yang telah dilakukan diantaranya adalah perbaikan tambak yang meliputi perbaikan pintu air, pendalaman tambak dan current, pembasmian hama dan penebaran bibit ikan, kerang dan udang. Faktor yang mendukung terlaksananya ;cegiatan ini adalah petambak yang inovatif dan tersedianya lahan, sedangkan faktor yang menghambat adalah musim yang tidak tepat untuk penebaran bibit. Hasil pelaksanaan program vucer ini dapat disimpulkan bahwa sistim trikultur lebih efisien dibandingkan dengan monokultur karena dalam satu lahan dapat diusahakan 3 jenis biota yang berbeda.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:S Agriculture > SB Plant culture
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:22538
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:05 Oct 2010 10:19
Last Modified:05 Oct 2010 10:19

Repository Staff Only: item control page