PENGARUH INTENSITAS PERSAINGAN PASAR TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN DAN KINERJA UNIT BISNIS

Faisal, Faisal and Prabowo, Tri Jatmiko Wahyu (2005) PENGARUH INTENSITAS PERSAINGAN PASAR TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN DAN KINERJA UNIT BISNIS. Documentation. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
236Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

700Kb

Abstract

Perubahan dalam sistem manufaktur seperti munculnya just in time, aplikasi CAD/CAM telah merubah hambatan-hambatan dalam sektor perdagangan. Deregulasi ekonoini, privatisasi perusahaan-perusahaan milik pemerintah menjadi penyebab meningkatnya persaingan bisnis. Tentu saja peningkatan persaingan akan menciptakan turbulance, stres, risiko dan ketidakpastian bagi organisasi. Peningkatan persaingan juga menuntut organisasi untuk merespon secara tepat ancaman dan peluang serta mampu mendesain dan menggunakan sistem pengendalian yang tepat Mengacu hash! penelitian Khandawalla (1972) dan penelitian Mia dan Clarke (1999) penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kembali bagaimana hubungan antara variabel intensitas persaingan pasar terhadap kinerja perusahaan dengan penggunaan informasi sistem akuntansi manajemen (SAM). Secara ringkas penelitian ini ingin menguji bagaimana peran mediasi dari variabel penggunaan informasi SAM terhadap hubungan antara intensitas persaingan pasar dengan kinerja unit bisnis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode maii survey, yailu kuesioner dikirim melalui pos kepada responder!. Dad 200 kuesioner yang dikirim diperoleh 72 kuesioner yang dapat dianalisis. Analisis menggunakan analisis jalur (path analysis) Hasil penelitian ini konsisten dengan temuan The Australian Financial Review (1995) yang menyatakan bahwa terclapat hubungan langsung antara intensitas persaingan pasar dengan kinerja unit bisnis naanin demikian penelitian ini gagal mendukung temuan penelitian Mia dan Clarke (1999) yang membuktikan adanya peran mediasi dari variabel penggunaan informasi SAM dalam hubungan antara intensitas persaingan pasar dengan kinerja unit bisnis. Changes in manufacturing systems, such as the introduction of just-in¬time, application of new technology like CAD/CAM, removal of trade barriers, deregulation of economies, privatization of government owned enterprises make markets more competitive. Market competition creates turbulance, stress, risk and uncertainty for organizations. It demands that organizations mount appropriate responses to the threats and opportunities in the competitive environment and that they design and use appropriate control systems. Based on the previous research by Khandawalla (1972), Mia and Clarke (1999), the objective of this research was to examine the relationship between intensity of market competition and business unit performance,managers use of the MAS information and bussines unit performance and to examine the mediating role of managers us of MAS information in the relationship between the intensity of market competition and business unit performance. Data of this research was collected via mail survey to 72 production and marketing managers. Data was analyzed using path anaysis.The results of this research supported the result of The Australian Financial Review (1995) but failed to support Mia and Clarke (1999) revealed that increasing intensity of market competition is associated with increasing managers use of the MAS information and increasing managers use of the MAS information increasing managers use of the MAS information with business unit performance.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
ID Code:22532
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:05 Oct 2010 09:56
Last Modified:05 Oct 2010 09:56

Repository Staff Only: item control page