APLIKASI METODE INTERPERIOD TAX ALLOCATION PADA WAJIB PAJAK BADAN DI INDONESIA: Analisis atas Reversed Temporary Differences

JANITA, Nurul Hidayati and ARDIYANTO, M. Didik (2010) APLIKASI METODE INTERPERIOD TAX ALLOCATION PADA WAJIB PAJAK BADAN DI INDONESIA: Analisis atas Reversed Temporary Differences. Undergraduate thesis, Perpustakaan FE UNDIP.

[img]
Preview
PDF - Published Version
809Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis baik dari sudu pandang teori maupun sudut pandang empiris atas taxable temporary differences reversal dan deductible temporary differences reversal pada perusahaan Indonesia. Dari analisis reversal tersebut, penelitian ini berusaha menjawab apakah alokasi pajak metode komprehensif sudah diaplikasikan oleh perusahaan dengan baik atau tidak. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis bagaimana perilaku perusahaan yang bergerak di masing-masing sektor industri dalam mengaplikasikan interperiod tax allocation. Dengan metode purposive sampling, 973 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2005, 2006, dan 2007 dianalisis dalam penelitian ini. Untuk menganalisis temporary differences reversal tersebut, langkah pertama yang dilakukan adalah mengelompokkan perusahaan-perusahaan tersebut kedalam sektor industri menurut Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Setelah itu, sampel akan dipilah-pilah ke dalam kelompok yang berbeda, sesuai jenis perbedaan temporernya yaitu perbedaan temporer kena pajak (taxable temporary differences) atau perbedaan temporer yang boleh dikurangkan (deductible temporary differences). Perhitungan statistik deskriptif dilakukan sehingga dapat dimungkinkan untuk menarik kesimpulan yang kuat tentang bagaimana perusahaan Indonesia melaporkan taxable temporary differences reversal dan deductible temporary differences reversal yang telah terjadi. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa perusahaan di Indonesia telah mengaplikasikan Interperiod Tax Allocation sesuai dengan PSAK No. 46 dan IAS 12 dengan cukup baik. Selain itu, penelitian ini memberikan bukti bahwa perilaku perusahaan pada masing-masing sektor industri dalam mengaplikasikan Interperiod Tax Allocation adalah berbeda.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:interperiod tax allocation, perbedaan temporer, pajak penghasilan, Indonesia
Subjects:H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
ID Code:22511
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:05 Oct 2010 09:00
Last Modified:05 Oct 2010 09:00

Repository Staff Only: item control page