Analisis Perbedaan Efisiensi, Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas Sebelum dan Setelah Privatisasi (Studi Empiris pada BUMN Sektor Non Infrastruktur dan Non Jasa Keuangan yang Go Public Tahun 1995-2007)

SETIYOWATI, Riri and UTOMO, Dwi Cahyo (2010) Analisis Perbedaan Efisiensi, Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas Sebelum dan Setelah Privatisasi (Studi Empiris pada BUMN Sektor Non Infrastruktur dan Non Jasa Keuangan yang Go Public Tahun 1995-2007). Undergraduate thesis, Perpustakaan FE UNDIP.

[img]
Preview
PDF
192Kb
[img]
Preview
PDF
192Kb

Abstract

Tujuan privatisasi adalah peningkatkan kinerja keuangan BUMN. Penelitian ini menguji apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan BUMN yaitu efisiensi, profitabilitas, leverage dan likuiditas setelah privatisasi. Pengujian menggunakan 6 rasio keuangan yang mewakili efisiensi, profitabilitas, leverage dan likuiditas yaitu asset turnover, ROA, ROE, ROS, debt to total asset dan rasio lancar selama periode 2 tahun sebelum dan 2 tahun setelah privatisasi. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu BUMN non jasa keuangan dan non infrastruktur yang go public selama tahun 1995 sampai 2007. Sampel penelitian ini sebanyak 10 perusahaan yang melakukan revenue privatization yaitu PT TELKOM Tbk, PT Tambang Timah Tbk, PT Aneka Tambang Tbk, PT PGN Tbk, PT Indofarma Tbk, PT Kimia Farma Tbk, PT TB Bukit Asam Tbk, PT Adhi Karya Tbk, PT Wijaya Karya Tbk, dan PT Jasa Marga Tbk. Hipotesis dianalisis menggunakan Paired Sample T-test. Penelitian ini memberikan hasil empiris bahwa tidak terdapat perbedaan efisiensi dan profitabilitas yang signifikan sedangkan leverage dan likuiditas terdapat perbedaan yang signifikan pada BUMN setelah privatisasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:privatisasi, kinerja keuangan, rasio keuangan
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
ID Code:22449
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:04 Oct 2010 10:40
Last Modified:04 Oct 2010 10:40

Repository Staff Only: item control page