Faktor-faktor Daya Tarik Stasiun Radio

Rosalia, Naiza (2010) Faktor-faktor Daya Tarik Stasiun Radio. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
14Kb

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena yang terjadi di persaingan penyiaran radio Semarang, yaitu hasil survey AC Nielsen wave4 tahun 2009 dimana menunjukkan HOT FM, yang termasuk radio baru di Semarang, menduduki peringkat 7 dalam Top 10 Radio di Semarang, bahkan menjadi nomor 1 di segmen 15 – 25 SES ABC dan mempunyai kumulatif pendengar yang cukup signifikan di segmen wanita dewasa 25 – 39 SES ABC. Hal ini cukup mengejutkan melihat usaha yang dilakukan oleh HOT FM adalah lebih banyak memutarkan lagu tanpa banyak diinterupsi oleh penyiar, dibandingkan radio-radio yang memang mengkhususkan diri untuk mendekatkan diri dengan target audiencenya seperti sebut saja Prambors, Trax, ImeldaFM dan Female Radio. Hal serupa juga terjadi di Jakarta dengan keberadaan GENFM yang menduduki peringkat pertama untuk wilayah Jabodetabek untuk penguasaan market share audience 13% atau sekitar 3,25 juta orang di 2 tahun pertama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang merupakan daya tarik stasiun radio bagi pendengar radio di Semarang. Teori yang digunakan adalah teori Expectancy value (Littlejohn,2008:301). Faktor-faktor yang akan diteliti adalah program, musik, penyiar, feature, iklan, efek suara, endorser, kualitas pemancar siaran, proximity, games, posisi brand, facebook, radio streaming, off air. Dan penelitian ini hanya membatasi pada ke 15 faktor diatas. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif eksploratif, pendekatan positivistik, populasi pendengar radio Semarang usia 16-39 SES BC dengan sample 96 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified sampling, sumber data kuesioner dan data akan dianalisis dengan analisis faktor. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 4 faktor yang menjadi daya tarik stasiun radio yaitu Program Siaran dimana di dalam faktor ini terdapat variabel Kualitas pemancar, Musik, Program dan Games; Materi Siaran yang terdiri dari Penyiar, Posisi Brand, Berita dan Facebook; Audio Invorentment yang terdiri dari efek suara dan feature dan faktor yang terakhir adalah Brand Activation yang terdiri hal-hal yang mendukung kegiatan on air yaitu keberadaan Radio Steaming, kegiatan Off Air dan adanya endorser untuk mempromosikan frekuensi maupun program di radio tersebut.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:22416
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:03 Oct 2010 20:28
Last Modified:03 Oct 2010 20:28

Repository Staff Only: item control page