PENGARUH KEGIATAN STORYTELLING TERHADAP PERTUMBUHAN MINAT BACA SISWA DI TK BANGUN 1 GETAS KEC. PABELAN KAB. SEMARANG

Dina , Nurcahyani Kusumastuti (2010) PENGARUH KEGIATAN STORYTELLING TERHADAP PERTUMBUHAN MINAT BACA SISWA DI TK BANGUN 1 GETAS KEC. PABELAN KAB. SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Humanities.

[img]
Preview
PDF - Published Version
585Kb

Abstract

ABSTRAK Judul skripsi “Pengaruh Kegiatan Storytelling Terhadap Pertumbuhan Minat Baca Siswa di TK Bangun 1 Getas Kec. Pabelan Kab. Semarang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh layanan storytelling terhadap pertumbuhan minat baca anak di TK Bangun 1 Getas. Metode pada penelitian ini menggunakan metode eksplanatori (penjelasan) yaitu menyoroti dan menerangkan keterkaitan masing-masing variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa TK baik kelompok A dan B yang berjumlah 52 responden. Sampel penelitian adalah keseluruhan dari populasi karena populasinya kurang dari 100. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket, wawancara, dan studi pustaka. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa kegiatan storytelling yang diadakan oleh sekolah berpengaruh pada pertumbuhan minat baca siswa, dan lebih dari 90,77% siswa benar-benar menggemari kegiatan storytelling di sekolah. Tujuan kegiatan storytelling adalah untuk menarik minat siswa agar gemar membaca dan mampu menangkap pengetahuan serta pengalaman tentang berbagai hal positif yang diceritakan sejak dini. Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi Guru untuk lebih meningkatkan metode kegiatan bercerita menjadi lebih baik. Sekolah sebaiknya menambah bahan perpustakaan yang dimiliki serta menampilkan cerita melalui media yang beraneka ragam. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan storytelling di TK Bangun 1 Getas sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan minat baca anak. Kata kunci: storytelling, pertumbuhan minat baca

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:22141
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Sep 2010 11:56
Last Modified:16 Sep 2010 11:56

Repository Staff Only: item control page