UJI SULFIDASI BIJIH BESI KALIMANTAN SELATAN DAN AMPAS PENGOLAHAN TEMBAGA PT. FREEPORT INDONESIA UNTUK KATALIS PENCAIRAN BATUBARA

Sudini Ningrum, Nining (2010) UJI SULFIDASI BIJIH BESI KALIMANTAN SELATAN DAN AMPAS PENGOLAHAN TEMBAGA PT. FREEPORT INDONESIA UNTUK KATALIS PENCAIRAN BATUBARA. In: SEMINAR REKAYASA KIMIA DAN PROSES, 4-5 Agustus 2010, 4-5 Agustus 2010, Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik UNDIP Semarang.

[img]
Preview
PDF
341Kb

Abstract

Katalis dalam pencairan batubara berperan sangat penting untuk dapat meningkatkan konversi batubara menjadi minyak. Katalis yang banyak digunakan dalam pencairan batubara adalah katalis yang berbasis besi. Dalam rangka menambah sumber katalis pencairan batubara yang ada di Indonesia, maka telah dicoba bijih besi dari Kalimantan Selatan dan ampas pengolahan tembaga PT. Freeport Indonesia (PT.FI) untuk digunakan sebagai katalis. Tujuannya adalah untuk mengetahui reaktifitas, aktifitas dan efektifitas kedua bahan katalis berbasis besi tersebut. Metoda yang digunakan adalah uji sulfidasi dalam autoclave dengan laju pemanasan 5oC/menit pada tekanan H2 awal 10 Mpa, penambahan sulfur (rasio atom S/Fe – katalis) = 2, ukuran partikel katalis -325 mesh. Kondisi proses sulfidasi dilakukan mendekati kondisi proses pencairan. Pengamatan dilakukan untuk mengetahui pengaruh suhu terhadap ukuran kristal fasa aktif pirhotit, sehingga diperoleh suhu optimal dan memiliki aktifitas maksimal; pengaruh ukuran katalis terhadap produk pencairan batubara dan persentase konversi. Pengamatan dilakukan pada suhu 3500C, 3750C, 4000C, dan 4250C. Ukuran kristal pirhotit diperoleh dari hasil analisis XRD. Hasil penelitian dengan menunjukkan bahwa kristal pirhotit dari bijih besi Kalsel yang terkecil yakni 16,79 nm terjadi pada suhu sulfidasi 375ºC, dan ukurannya meningkat dengan semakin tingginya suhu, sedangkan suhu tidak berpengaruh terhadap ukuran kristal prihotit dari ampas PT.FI. Produk minyak berat dan persentase konversi yang diperoleh dari katalis bijih besi Kalsel berturut-turut 65,06% dan 84,20%, sedang produk minyak dan persentase konversi dari ampas PT. FI lebih rendah yakni 44,72% dan 71,02%.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:bijih besi, ampas, sulfidasi, ukuran kristal pirhotit.
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:UNDIP Conference/Seminar > SEMINAR NASIONAL REKAYASA KIMIA DAN PROSES
ID Code:22037
Deposited By:teknik kimia
Deposited On:07 Sep 2010 11:15
Last Modified:07 Sep 2010 11:15

Repository Staff Only: item control page