INTENSITAS DIALOG ANTAR ORANG 'FIJA-GURU DALAM PROSES BELAJAR ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR

lESTARI, Sri Budi and Soesilo , R and Sumarno , Nano and Supdhaihn , Taufik (1995) INTENSITAS DIALOG ANTAR ORANG 'FIJA-GURU DALAM PROSES BELAJAR ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR. Documentation. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img]
Preview
PDF - Published Version
281Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1109Kb

Abstract

his research was intended to answer two oruotal ques¬tion for evaluating the second channel passible achievement of the eight equalisation of the government principal guidelines ( 1) Has far two say traffic communiostion between parent and teacher offing from dif ferorit papa ration group oontribute in achievement's learning. (2) What variables possibly contribute to such a learning achiev¬ement Answers to the two questions are expected to provide a possibili¬ty for evaluating how far equalizator of opportunity for enjoying education run by tne goverment is amnompan ied by equalisation of student's learning achievement.. They are also expected to present some policy choices for correcting rreaMnesses of the Present Policy. Basing sits conceptial formulation on the theories of IQ deficit,cultural def icit,teacher expectation and the inftwvagion integration theory,this research identified a number- of variables which were assumed Co have their t of hence on the student's learning achievement .There are four variables assumed to have their influence on t he student's learn ing achievement, at school parent' s education communication between parent and children ;communication between parent and reacher.More higher parent's education background hoped 42. tad La a tkla an t s a nu' ity which expressed M. their achievement. Th s carried out in Semarang Ann c i pa I ity choosing Si, H ffrinti Barturrahnon as case studies has found out that mother' 's erizostion background was dominant factor to influence student achievement while father's attention in study's time was dominant factor tae Penelitian int ingin menimmab dua maamlah Renting bagi kemumgkinan evalaasi kebertmsilan jailor ke dua dari de1apan jaiur pemerataan menurut Garin Besar Mali= Angara (1) Seberapa imun komunikasi dun arah antara orangtua guru dar1 berbagai lapisan sosial berperan dalam menentukan prestasi beta-jar di sekoirin dan (2) variabs. - variabel ape saja yang mungkin menyumbangkan peran bagi keberhasilan proses bolajar tersebut. (lavabos: step kedua pertanyaan tersebut diharapkam akan member ikan keitungkinan untuk menilal seberapa jamb generates:is kosempatan untuk memparclek pendidikan yang diusahakan pemerimtah salamis ini diikuti oleh pomprataan prestaoi belajar sissia sRrta menyarankam pilthan piiihan kebijaksanaaa untuk mengoreksl kelemahan kelp mahan kebiJaksanaari yang ada. Mendasarkan pemahaman konseptualnya di etas teori keku rangan kuitural the uultura1 -deficit theory) ; theory kekuran- gam IG ( the IQ - deficit theory ) dan teori harapan guru ( the tespher expectation theory ) serta teort informes1 - inteitrasi ( the information - integration theory ),penslitian ins. non:Arden¬tifikaui sejumlah variabel yang diduga mempengaru hi proses Lela-Jar sispe yaitu pendidikan orangtua, komunikasi orangtua - anak serta komunikasi orangtua - guru. Dimpumsikan bahwa pendidikan arang tua akan sangai herperan pada prestasi belajor sista mels¬lui dotinigan komunikasi orangtua - anak serta komunikasi. orangtua - guru. Makin tingi Tatar belaknng pcndidikan orangtua diharap¬kan akan berperan dalam mencittakan suribsr daya msnusia yang makin liarkuahitas yang clinker melalei prestasi tialajar siswa. Dilskukan di Kotamadya Semarang dongau mongamhil suswa • a Kinkoish Dasar H. Luriati hmiturrahman sabagai kasub, ponell¬tian in: opnewskin bahwa Thu neruealian frgur yang paling dominan d slam membon to k sumbe r daya menus la yang berkua 11 tag; b er aw I du r i mend id i ken ibo yang re la t if tingg I ternYa to mem it Lich alga yang b erpr es to si t inggi put a. Maxi kian ha la ug dengan p end id ikon itu yang re la c if t ingg I menjgd i sus t u Cumpuan bag 1. ana k - anak untuk Me rkonsu tt. asi pada saat mereka menemui kesu 1 IC an be laj a r Fe r ran a rah yang let ih terkai Can dengan kepedu I ian pada saa t memp er hat ik an waktu be laj or bag i anak - anak juga d temu - kat da lam m ene1inian in f as it pa tu t d sa y ang k an ke ter ha tasan f re buena i per temuan d i an t are orangtua den guru seringkeli hangs be r langsung pad a saa t d iadakan pertemuan - pertemuan se k o I tupun b at an y a d ipandang s ebaga i pertemuan yang s if a tt y a lebih un tuk mem enu hi kewaj iban a rangtua d a I am rangka mengamhi 1 hasi 1 e va 1 u ea i be lajar s vvs . T emu an i pi meng is yar at kan mas ih don n annya p er at k la ar - g a sobagai I enag g a pend id I ken yang pertama dan u tame. k hu susnya yang mampu mantle takan be: langsungnya dialog seca r aintens an tare or a ngtua dan ana k ; Yang pada gi it r ann ye a k an mampu pu 1 a to re ipte knnum kas I orangtua dan guru h ingg a to real inn ya kerj asama d i art a - r a due lemba g a ter sebu t di ha rap k on mampu m eng ha si 1 kan sumherdaug manus is yang be r kcal it at yang tercerm in datum pr es t as i be laj a r s

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:J Political Science > J General legislative and executive papers
ID Code:21955
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:07 Sep 2010 08:05
Last Modified:07 Sep 2010 08:05

Repository Staff Only: item control page