THE SPEECH ACT AND COMMUNICATION STRATEGY IN CHILDREN OF 3-5 YEARS OLD (A Case Study of the Children of 3-5 Years Old in Semarang)

Dyah , Anita D (2009) THE SPEECH ACT AND COMMUNICATION STRATEGY IN CHILDREN OF 3-5 YEARS OLD (A Case Study of the Children of 3-5 Years Old in Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Humanities.

[img]
Preview
PDF - Published Version
487Kb

Abstract

ABSTRAK Dalam menuturkan sesuatu, pembicara menunjukkan sebuah tindakan. Tindakan tersebut dapat mempermudah si pembicara untuk membuat pendengar mengetahui apa maksud ataupun keinginan si pembicara. Hal ini disebut sebagai tindak tutur. Tindak tutur juga dapat ditemui pada tuturan anak usia 3-5 tahun. Dalam menyampaikan tuturan, seseorang secara tidak sadar menghasilkan strategi tertentu agar keinginannya yang disampaikan lewat tuturan dapat terwujud. Skripsi ini bermaksud menjelaskan bentuk-bentuk tindak ilokusi yang terdapat dalam tindak tutur anak usia 3-5 tahun. Selain itu, skripsi ini juga bertujuan mengetahui strategi tutur yang ada dalam tuturan anak tersebut. Penulis menggunakan tuturan-tuturan anak tersebut sebagai data skripsi ini. Pengumpulan data dilakukan baik dalam bentuk berpartisipasi (simak libat cakap) ataupun hanya menyimak (simak bebas libat cakap) percakapan si anak tersebut. Kemudian, dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode padan pragmatik. Hal ini dikarenakan penulis menjelaskan bentuk-bentuk tindak tutur dan strategi komunikasi dalam tuturan anak usia 3-5 tahun. Hasil penelitian menujukkan bahwa bentuk tindak ilokusi yang digunakan anak usia 3-5 tahun tersebut itu yaitu, direktif, komisif, asertif, dan ekspresif. Direktif adalah yang paling sering dihasilkan oleh anak usia tersebut. Sedangkan strategi komunikasi yang sering digunakan oleh anak-anak tersebut yaitu tuturan secara langsung.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:21926
Deposited By:Mr Tugirin Perpus FIB
Deposited On:06 Sep 2010 12:44
Last Modified:06 Sep 2010 12:44

Repository Staff Only: item control page