PENGARUH PEMBERIAN TUGAS-TUGAS TERHADAP INTENSITAS KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 3 SEMARANG

Charis N., M. Firdaus (2010) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS-TUGAS TERHADAP INTENSITAS KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 3 SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Humanities.

[img]
Preview
PDF - Published Version
127Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1179Kb

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pemberian Tugas-Tugas Terhadap Intensitas Kunjungan Perpustakaan SMP Negeri 3 Semarang”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tugas yang diberikan oleh guru terhadap peningkatan jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan serta untuk menumbuhkembangkan kerja sama antara pustakawan dan guru sebagai media pendidikan. Jenis penelitian skripsi ini adalah diskriptif kuantitatif, yang mengambil lokasi di perpustakaan SMP Negeri 3 Semarang dengan jumlah populasi sebesar 500 siswa dan sampel yang digunakan adalah sampel acak berjumlah 50 siswa. Adapun metode penelitian ini menggunakan analisis diskriptif dengan pendekatan secara kuantitatif, yaitu analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 16.0 yang secara otomatis akan mengeluarkan besar nilai koefisien determinasi, signifikansi koefisien korelasi, koefisien korelasi, persamaan garis regresi, dan output lainnya yang mendukung analisis perhitungan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemberian tugas-tugas terhadap intensitas kunjungan dengan t hitung (5,336) lebih besar dari t tabel (1,6772). Adanya pemberian tugas-tugas dalam meningkatkan intensitas kunjungan perpustakaan SMP Negeri 3 Semarang memberikan kontribusi yang cukup besar. Besarnya kontribusi yang diberikan berdasarkan hasil perhitungan analisis koefisien determinasi adalah sebesar 36%, sedangkan selebihnya (64%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Library Science
ID Code:21883
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Sep 2010 10:53
Last Modified:06 Sep 2010 10:53

Repository Staff Only: item control page