PENGEMBANGAN DAN OPTIMASI PROTOTIVE SISTEMREDUKSIKADAR COx , DENGAN MENGGUNAKAN PLASMA LUCUTAN PIJAR

Sumariyah, Sumariyah (2005) PENGEMBANGAN DAN OPTIMASI PROTOTIVE SISTEMREDUKSIKADAR COx , DENGAN MENGGUNAKAN PLASMA LUCUTAN PIJAR. Documentation. UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]
Preview
PDF - Published Version
220Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1380Kb

Abstract

Telah dllakukan adaptasi prototype system preduksian COx dengan teknologi plasma (KAPTEKNOPLASMA) pada kenalpot kendaraan bermotor roda empat ke alas. Pada tahap akhir penelitian ini telah diselesaikan peningkatan skala pilot yakni dad prototype dengan sistem pereduksi yang masih berada diluar muffler menjadi sistem pereduksi yang terintegrasi dengan muffler kendaraan bermotor roda. Sistem pembangkit plasma berasal dad acceumu/ator 12V34Ah yang telah diberikan peralatan elektronik dan marnpu menaikkan tegangan sampai 20 kV. Pada tahapan ini telah pula diuji kemampuan pereduksian gas emisi dengan memvariasi kecepatan motor mobil dan gigi yang digunakan. Adaptasi sistem pealduksian berteknologi plasma ini tidak mengubah seluruh dirnensi knalpot yang ada. Reaktor plasma berfungsi menggantikan fungsi resonator hal ini rnenjadikan knalpot berteknologi plasma telah memenuhi standar knalpot yang telah ada dengan memiliki keunggulan dalam mereduksi gas emisl ( dalam hal iniC0x,). Tingkat reduksi optimum untuk gas COx didapat pada rpm 2200 yaitu sebesar 86,52%, CO pada rpm 2200 sebesar 88,93%, NC pada rpm 2200 sebesar 97,37% dan Nox pada rpm 4600 sebesar 76,19% Kata-kata kunci: plasma, korona, reduksi , muffler SUMMARY Non-polluted plasma muffler (KAPTEKNOPLASMA) prototype adaptation has done in four wheels and more vehicles. Pilot scale improvement has done by integrating reduction system into vehicle muffler from it previous position outside the muffler. High voltage that used to develop plasma condition comes from 12V34Ah accumulator which connected with electronic equipments and able to develop voltage up to 20kV. Exhaust gases reduction Ability has done by varying engine rotation. Plasma muffler appearance in vehicle doesn't change outside dimension of its original muffler and it reactor placement in muffler has a function to change resonator chamber function and make this muffler still fulfil muffler standardization with more performance in reducing exhaust gases (COx, NOx, HC). Optimal reduction level made at 2200 rpm for COx is 86,52%, for CO is 88,93%, for HC is 97,34% and for NOx at 4600rpm is 76,19%.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
ID Code:21870
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:06 Sep 2010 10:03
Last Modified:06 Sep 2010 10:03

Repository Staff Only: item control page