PENGUKURAN PELUAHAN SEBAGIAN ( Partial Discharge ) BERBASIS KOMPUTER DAN APLIKASINYA UNTUK DIAGNOSIS KONDISI ISOLASI PERALATAN LISTRIK TEGANGAN TINGGI

Syakur, Abdul and Windarto, Joko (2005) PENGUKURAN PELUAHAN SEBAGIAN ( Partial Discharge ) BERBASIS KOMPUTER DAN APLIKASINYA UNTUK DIAGNOSIS KONDISI ISOLASI PERALATAN LISTRIK TEGANGAN TINGGI. Documentation. FAKULTAS TEKNIK.

[img]
Preview
PDF - Published Version
297Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1195Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kerusakan isolasi dengan melakukan pengukuran partial discharge. Pada saat sistem isolasi sedang menahan tegangan listrik yang tinggi, ada bagian-bagian tertentu dari sistem isolasi ini yang mengalami peluahan sebagian Partial Discharge ). PD ini berhubungan dengan proses penurunan kualitas isolasi. Peristiwa PD ini dapat terjadi karena adanya proses pabrikasi yang tidak sempuma misalnya adanya cacat berupa rongga udara bertekanan rendah ( void), tonjolan ataupun ketidakmumian bahan isolasi. Untuk waktu yang lama, partial discharge ini akan membentuk jembatan konduktif dan dapat menyebabkan breakdown sempuma. Kegagalan isolasi ini, mengakibatkan kontinuitas penyaluran energi listrik terhenti. Semua pihak akan mengalami kerugian. Oleh karena itu, perhatian dan penelitian telah dicurahkan untuk memperbaiki sistem isolasi dengan beberapa metode yang telah dikembartgkan. Penelitian ini terutama ditujukan untuk mengetahui perilaku PD pada proses penunan material isolasi. Besaran yang diukur adalah muatan (q) sebagai fungsi waktu (I) dan penganth penerapan tegangan (V). Dengan adanya penelitian ini diharapkan, akan dibangun suatu sistem pengukuran partial disharge pada sistem isolasi peralatan tegangan tinggi dengan sistem pengukuran berbasis komputer. Lebih jauh lagi, diharapkan dapat diperoleh suatu hardware yang dapat digunakan untuk deteksi kerusakan isolasi pada peralatan tegangan tinggi secara langsung.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
ID Code:21838
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 Sep 2010 09:02
Last Modified:06 Sep 2010 09:02

Repository Staff Only: item control page