PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAN DOMESTIK DI KECAMATAN SEMARANG TENGAH KODIA SEMARANG, GUNA PENCIPTAAN LINGKUNGAN YANG SEHAT

MAWATI, SRI (1999) PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAN DOMESTIK DI KECAMATAN SEMARANG TENGAH KODIA SEMARANG, GUNA PENCIPTAAN LINGKUNGAN YANG SEHAT. Documentation. LEMBAGA PENELITIAN ..

[img]
Preview
PDF - Published Version
196Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1184Kb

Abstract

Usaha Peningkatan peran serta masyarakat merupakan sasaran utama dalam pelaksaan program pengelolaan sampah, namun variasi peranserta antar kelompok dan antar lokasi sering disamaratakan, sehingga berakibat keberhasilan program belum sepenuhnya tercapai. Penelitian ini ingin mengungkap upaya penciptaan lingkungan yang sehat, melalui peran serta ibu rumah tangga dalam penanggulangan sampah di Kecamatan Semarang Tengah Kodia Semarang . Tujuan penelitian untuk mengkaji (1) peranan pemerintah melalui program K-3 dalam penanggulangan sampah, (2) peranan ibu rumah dalam penanggulangan sampah untuk menciptakan Iingkungan yang sehat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan status sosial ekonomi antara dua kelurahan yang berbeda keberhasilannya dalam penciptaan Iingkungan yang sehat, ditinjau dari rerata skor di kelurahan Pekunden lebih tinggi (23,7) daripada kelurahan Kranggan (31,38), besarnya nilai t hitung = 3,2. Derajad kepercayaannya 95 %. Peran serta pemerintah dalam pengaturan masalah sampah ternyata berbeda antara dua kelurahan. Peran pemerintah terhadap pengetahuan responden tentang lingkungan yang sehat pada dua daerah yang berbeda keberhasilannya dalam penciptaan lingkungan yang ,,K1W,„,4dak sama. Besarnya rerata skor di Kelurahan Pekunden lebih tinggi (6,6) daripada di Kelurahan di Kelurahan Kranggan (5,64), besarnya t hitung=1,57 dengan derajad kepercayaan 95%. Hal ini disebabkan disatu pihak pengaruh peran pemerintah yang tinggi telah lama dilaksanakan, sehingga diikuti peranserta ibu rumah tangga dan mampu menciptakan lingkungan yang sehat.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions:Document UNDIP
ID Code:21813
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 Sep 2010 08:15
Last Modified:06 Sep 2010 08:15

Repository Staff Only: item control page