HUBUNGAN ANTARA INFEKSI CACING, STATUS GIZI, DAN KEJADIAN KEKURANGAN YODIUM PADA IBU HAMIL DI DAERAH GONDOK ENDEMIK (STUDI KASUS DI KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR)

WAHYUDI , FIRDAUS and JULIANTI , HARI PENI and NUGROHO , TRILAKSANA and PRAMONO , DODIK (2002) HUBUNGAN ANTARA INFEKSI CACING, STATUS GIZI, DAN KEJADIAN KEKURANGAN YODIUM PADA IBU HAMIL DI DAERAH GONDOK ENDEMIK (STUDI KASUS DI KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR). Documentation. FAKULTAS KEDOKTERAN.

[img]
Preview
PDF - Published Version
231Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1251Kb

Abstract

Latar Belakang: Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) masih menjadi masalah kesehatan yang dapat menghambat peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia. Yodium merupakan unsur gizi kelumit (micronutrient) yang berguna dalam ! Proses pengembangan susunan syaraf pusat dan proses tumbuh kembang manusia. Pada *bu hamil, kecukupan Yodium mutlak diperlukan agar tidak muncul anak krettn, atau anak dengan kerusakan otak minimal. Adanya gangguan saluran cerna aeperti inflamasi ,atau infeksi lambung dan usus, infestasi cacing serta malabsorpsi akan mengganggu i)enyerapan Yodium oral, sehingga mengakibatkan terjadinya GAKY pada ibu hamil. 1Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara infeksi cacing, status gizi, dan kejadian kekurangan Yodium yang diukur dari kadar Yodium urin ibu hamil di daerah gondok endemik. Subjek dan Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian dilakukan di Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, yang merupakan daerah gondok endemik. Sampel diambil secara simple random sampling, idengan kriteria inklusi wanita hamil yang bertempat tinggal minimal 1 tahun di kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur, tidak menderita sakit hiperemesis gravidarum. Data dianalisis secara deskriptif dan analitik. Uji statistik yang digunakan adalah Chi-square dengan taraf uji kepercayaan 95% (a=0,05). Hasa: Sebanyak 92,6% ibu hamil di daerah gondok endemik tidak menderita infeksi cacing, 64,8% ibu hamil mempunyai status gizi yang bails dan 50% mengalami kekurangan Yodium dengan kadar urinary iodine excretion (UIE) kurang dari 100 mg/d1. Ada hubungan bermakna antara infeksi cacing dengan status gizi ibu hamil di daerah gondok endemik, ada hubungan bermakna antara status gizi dengan kejadian kekurangan Yodium pada ibu hamil di daerah gondok endemik, dan tidak ada hubungan bermakna antar infeksi cacing dengan kejadian kekurangan Yodium pada ibu hamil di daerah gondok endemik. Kesimptdan: Status gizi ibu hamil di daerah gondok endemik berhubungan dengan nfeksi cacing dan kejadian kekurangan Yodium, sedangkan kejadian kekurangan Yodium pada ibu hamil di daerah gondok endemik tidak berhubungan dengan infeksi cacing.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
ID Code:21800
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:06 Sep 2010 07:42
Last Modified:06 Sep 2010 07:42

Repository Staff Only: item control page