FAKTOR RISIKO KEKURANGAN PODIUM PADA IBU HAMIL DI DAERAH GONDOK ENDEMIK (STUDI KASUS DI KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR)

JULIANTI , HARI PENI and PRAMONO , DODIK and NUGROHO , TRILAKSANA and WAHYUDI , FIRDAUS (2002) FAKTOR RISIKO KEKURANGAN PODIUM PADA IBU HAMIL DI DAERAH GONDOK ENDEMIK (STUDI KASUS DI KECAMATAN KENDAL KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR). Documentation. FAKULTAS KEDOKTERAN.

[img]
Preview
PDF - Published Version
194Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

2008Kb

Abstract

Latar Belakaug: Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) masih menjadi masalah kesehatan yang dapat menghambat peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia. Yodium merupakan unsur gizi kelumit (microrttarierii) yang berguna dalam proses pengembangan susunan syaraf pusat dan proses tumbuh kembang manusia. Pada ibu itamil, kecukupan Yodium mutlak diperlukan agar tidak muncul anak kretin, atau anak dengan kerusakan otak minimal. Prevalensi gondok berdasarkan Total Goiter Rale (TGR) wanita hamil biasanya lebih tinggi daripada anak sekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor risiko yang mempengaruhi kejadian keklurangan yodium pada ibu hamil di daerah gondok endemik. Subyek dan Nletode Penelit.iaa: Penelitiad'ini adalah penelitian observasional dengan desain case control. Lokasi penelitian ditentukan di Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur, yang merupakan daerah gondok endemik berat dengan jumlah wanita hamil yang cukup besar. Data dianalisis secara deskriptif dan analitik.Uji yang digunakan adalah Chi-square dan menghitung odds ratio, Hasil: Pengetahuan, Sikap dan Perilaku ibu hamil yang mengalami kekurangan yodium terhadap garam beryodium cukup baik. Tetapi pengetahuan, sikap, dan perilaku terhadap kapsul minyak beryodium kurang baik Kesimpulan: Konsumsi kapsul minyak beryodium dalam 1 tahun terakhir, tingkat pengetahuan tentang kapsul minyak beryodium, sikap terhadap kapsul minyak beryodium, perilaku konsumsi kapsul minyak beryodium, kadar garam konsumsi, tingkat pengetahuan tentang garam beryodium, sikap terhadap garam beryodium, perilaku pemakaian gaiain konsumsi merupakan faktor risiko kekurangan yodium pada ibu hamil di dacrab gondok endemik.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
ID Code:21795
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:06 Sep 2010 07:22
Last Modified:06 Sep 2010 07:22

Repository Staff Only: item control page