PENELITIAN TENTANG SWAT GESER PADA MATERIAL KOMPOSIT GRAPHITE-EPDXY UNTUK BERBAGAI ARAH SERAT

Sugiyanto, , Sugiyanto, (2001) PENELITIAN TENTANG SWAT GESER PADA MATERIAL KOMPOSIT GRAPHITE-EPDXY UNTUK BERBAGAI ARAH SERAT. Documentation. FAKULTAS TEKNIK.

[img]
Preview
PDF - Published Version
247Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1289Kb

Abstract

In machinery and vehicle, material is the main component which determinant all of aspect vehicle from price, maintenance and realibility product. Once of enginering materials which very prospectus for the future is composite, which have meny advantages than metals are : light, sifness, strength, corosion resistant and good heat isolator. Strength of materials of composite which have been evaluated is ability to the shear force. Research composites ability to support yhe shear force must be done. In the research fiber direction are 0°, 45°, 90° and to determine shear elastic moduly. Material composite are Graphite-Epoxy which is often have been used in aeroplane and new generation car. The method of the research is Double V-notch which Asymetrical Four Point Bending load with beam specimen Dalam bidang permesinan dan kendaraan, material merupakan komponen utama yang menentukan semua aspek, dan harga kendaraan, kemudahan perawatan sampai keawetan produk. Salah satu material teknik yang sangat menjanjikan untuk masa depan adalah komposit, yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan logam yaitu : ringan, kaku, kuat, tahan korosi dan isolator panas yang baik. Kekuatan bahan komposit yang perlu dievaluasi adalah kemampuannya terhadap gaya geser yang sering dialami pada mesin & kendaraan. Sehingga perlu dilakukan penelitian tentang kemampuan bahan komposit terhadap gaya geser dengan arah serat dibatasi menyudut 0°, 45°, 90°. sekaligus mencari modulus elastisitas geser. Dalam penelitian ini bahan komposit yang dipilih adalah Graphite-Epoxy dan sering digunakan untuk struktur pesawat terbang dan mobil generasi bare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Double V-notch dengan sistim pembebanan Asymetrical Four Point Bending dengan spesimen uji balok. Sesuai dengan yang diharapkan maka serat dengan kemiringan 90° mempunyai kemampuan yang lebih baik terhadap pembebanan geser dan kelembaban udara akan menaikkan kekuatan material komposit tersebut.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
ID Code:21745
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:03 Sep 2010 08:28
Last Modified:03 Sep 2010 08:28

Repository Staff Only: item control page