Judul Payung : PEMBERDAYAAN INDUSTRI TAPIOKA DENGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI MEMBRAN Judul Penelitian: PEMBUATAN GULA CAIR DARI TAPIOKA DENGAN 1310REAKTOR MEMBRAN

Aryanti, Nita and Sumardiono, Siswo and Widiasa, I Nyoman (2002) Judul Payung : PEMBERDAYAAN INDUSTRI TAPIOKA DENGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI MEMBRAN Judul Penelitian: PEMBUATAN GULA CAIR DARI TAPIOKA DENGAN 1310REAKTOR MEMBRAN. Documentation. FAKULTAS TEKNIK.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

287Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
108Kb

Abstract

Belakangan ini, keberadaan industri tapioka yang tergolong industri kecil dan menengah terancam bangkrut dan gulung tikar. Perhatian dan dukungan pemerintah terhadap industri ini tidak proporsional dibandingkan dengan industri kimia dan petrokimia. Di lain pihak, Indonesia masih harus mengimpor berbagai produk turunan tapioka senilai 150 juta dollar per tahunnya, padahal Indonesia merupakan negara penghasil singkong terbesar ke tiga di dunia. Kapasitas produksi singkong indonesia mencapa 11 juts ton per tahun. Sampai saat ini industri tapioka di Indonesai hanya mampu menghasilkan produk tepung tapioca, sementara produk-produk yang mempunyai nilai ekonomi tinggi tidak belum dapat diproduksi. Untuk mengurangi jumlah impor tersebut, industri hilir tapioka seperti industri tapioka terlarut, produk-produk turunan tapioka seperti manitol, maltitol, sorbitol, glukosa, fruktosa, dan maltosa perlu dikembangkan. Kelangsungan industri hilir tersebut sangat bergantung pada eksistensi industri tapioka itu senchrl. Fakta lain yang medorong untuk pengembangan industri tapioka adalah kenyataan bahwa Indonesia mempunyai potensi bahan baku dan pemasran yang sangat besar. Selain untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri, tidak tertutup kemungkinan untuk mengekspor produk turunan tapioka ke mancanegara. Untuk meningkatkan daya saing industri tapioka, pemberdayaan industri tersebut melalui pengembangan produk adalah hal yang mutlak dilakukan. Salah satu langkah untuk memberdayakan industri tersebut adalah melalui pengembangan teknologi yang digunakan dengan menggunakan teknologi membran. Persoalan mendesak yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah, fenomena bahwa produk pati terlarut yang mempunyai nilai ekonomi tinggi justru dibuang bersama dengan limbah Selain itu produk-produk gula seperti fruktosa dan glukosa belum bias diproduksi secara efisien. Berdasarkan analisis di atas, penelitian ini difokuskan pada recovery pati terlarut dari limbah cair industri tapioka. Lebih lanjut produk samping berupa air bersih akan dihasilkan dan beban pencemaran lingkungan dapat dikurangi melalui penurunan kuantitas limbah cair. Selain itu penelitian ini juga difokuskan untuk pembuatan gula cair sebagai produk turunan tapioka. Kedua fokus penelitian tersebut akan dilakukan dengan menggunakan teknologi membran.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:Q Science > QD Chemistry
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Chemical Engineering
ID Code:21741
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:03 Sep 2010 08:25
Last Modified:03 Sep 2010 08:25

Repository Staff Only: item control page