Pengaruh Geometri Penampang dan Konfigurasi Tulangan pada Struktur Kolom Beton Bertulang Terhadap Diagrm Interaksi Antara Gaya Aksial dan Momen Biaksial

Purwanto, Purwanto and Nuroji,, Nuroji, and lndarto, . Himawan (2001) Pengaruh Geometri Penampang dan Konfigurasi Tulangan pada Struktur Kolom Beton Bertulang Terhadap Diagrm Interaksi Antara Gaya Aksial dan Momen Biaksial. Documentation. FAKULTAS TEKNIK.

[img]
Preview
PDF - Published Version
176Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1428Kb

Abstract

Penampang kolom yang menerima beban aksial akan berpengaruh pack kapasitas momen biaksial, besamya pengaruh tersebut bergantun pada besamya (raya aksial yang bekerja, keterkaitan antara gaya aksial dan momen biaksial dapat drombarkan dalam bentuk diagram- interaksi antara gaya aksial dan momen biaksial . Faktor geometri penampang dan konfigurasi tulangan jugs sangat berpengaruh pada diagram interaksi antara gaya aksial dan momen biaksial. Pada penelitian ini merupakan studi numerik, pada penelitian ini dilakukan tinjauan terhadap beberapa penampang yaitu (persegi panjang, persegi, bulat dan segi tiga) dengan berbagai konfigurasi tulangan. Faktor kuat tekan beton dan kuat tank baja tulangan tidak termasuk parameter pengujian .dan karena penelitian ini hanya memfokuskan pada geometri penampang dan konfigurasi tulangan maka faktor tekuk/kelangsingan kolom jugs tidak termasuk parameter pengujian. Penampang-penampang yang ditinjau mempunyai karakteristik material yang sarna untuk semua penampang yaitu kuat tekan beton fc' 25 Mpa dan kuat tank baja tulangan fy = 350 Mpa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diagram interaksi antara gaya aksial dan momen biaksial penampang kolom tidak bisa dieneralisir, interaksi ini sangat dipengaruhi oleh geometri penampang dan konfigurasi tulangan. Geometri penampang sangat mempengaruhi kapasitas momen biaksial pada gays aksial tekan besar. Sedangkan konfigurasi tulangan sangat sensitif terhadap kapasitas momen biaksial pada beban aksial tekan kecil atau lentur mumi, akar, tetapi konfigurasi tulangan jugs berpengaruh pada kapasitas momen biaksial pada beban aksial tekan baser dimana tulangan dapat members kontribusi peningkatan momen biaksial ketika posisi tulangan berada pada posisi tulangan tekan.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
ID Code:21726
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:03 Sep 2010 07:47
Last Modified:03 Sep 2010 07:47

Repository Staff Only: item control page