INTEGRASI DATA SPASIAL DARAT DAN LAUT ”Studi Integrasi Geodata Sharing via Online GIS Services sebagai Penunjang Pengelolaan Wilayah Pesisir”

UNSPECIFIED (2007) INTEGRASI DATA SPASIAL DARAT DAN LAUT ”Studi Integrasi Geodata Sharing via Online GIS Services sebagai Penunjang Pengelolaan Wilayah Pesisir”. Documentation Teknik Geodesi .

[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

Dengan semakin meningkatnya aktifitas dan kesadaran akan tingginya nilai ekonomi daerah pesisir dan laut, dan dalam rangka peningkatan tingkat sosial dan perbaikan kualitas hidup, pengelolaan zona daerah pesisir menjadi komponen kunci yang tidak bisa diabaikan. Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki zona daerah pesisir yang luas, harus dapat meningkatkan nilai sosial-ekonomi daerah pesisir dengan pengelolaan yang efisien dan efektif dengan perencanaan yang matang. Dalam beberapa tahun terakhir ini pula sering terjadi berbagai bencana alam yang melanda banyak daerah pesisir di Indonesia, yang banyak menimbulkan korban jiwa, dan kerugian materiil dalam jumlah yang sangat banyak. Akan tetapi harus diingat pula bahwa penanganan pasca bencana juga harus menjadi perhatian berikutnya. Belajar dari bencana ini, tidak dapat dipungkiri pula bahwa perencanaan berkelanjutan dengan didukung adanya suatu infrastruktur data spasial (IDS) yang menunjang perencanaan ini. Dengan tersedianya suatu informasi spasial yang terintegrasi dan komprehensif baik darat maupun laut, akan menunjang perencanaan pengelolaan dan pembangunan yang berkelanjutan Dalam tulisan ini akan disampaikan sebuah hasil studi implementasi integrasi data spasial darat dan laut sebagai suatu contoh integrasi data spasial darat dan laut, yang dapat digunakan dalam suatu perencanaan pengelolaan zona daerah pesisir di wilayah Nusa Dua, Bali. Kata Kunci: Geodata sharing, Integrasi Data Spasial Darat dan Laut

Item Type:Article
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
ID Code:21684
Deposited By:mr geodesi undip
Deposited On:02 Sep 2010 12:05
Last Modified:02 Sep 2010 12:05

Repository Staff Only: item control page