Pemanfaatan Teknologi Permanent Scatterer Interferometric Synthetic Aperture Radar (PS-InSAR) Dalam Studi Penurunan Muka Tanah (Land Subsidence)

Prasetyo, yudo Pemanfaatan Teknologi Permanent Scatterer Interferometric Synthetic Aperture Radar (PS-InSAR) Dalam Studi Penurunan Muka Tanah (Land Subsidence). Documentation Teknik Geodesi .

[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

Proses atau gerakan turunnya permukaan tanah (land subsidence) telah banyak terjadi diberbagai wilayah di dunia terutama dikota-kota besar yang berlokasi dikawasan pantai atau dataran aluvial (endapan lepas yang tertranspor ke tempat lain atau tidak berada disekitar batuan induk dimana berukuran butiran berupa pasir dan lempung). Untuk itu diperlukan suatu sistem pemantauan dan pengukuran penurunan muka tanah baik secara spasial maupun non-spasial secara berkala untuk membantu memonitor suatu area secara vertikal dengan baik. Pemilihan teknologi radar merupakan salah satu solusi pemetaan spasial yang tepat untuk studi penurunan muka tanah. Sehingga diperlukan pemanfaatan teknologi radar menggunakan metode PS-InSAR yang terintegrasi dengan metode-metode pengamatan geodesi lainnya didalam studi kebumian khususnya terhadap fenomena penurunan muka tanah untuk menghasilkan kualitas pengukuran dan pengamatan yang lebih baik. Metode PS-InSAR merupakan pengembangan dari teknologi InSAR dan DInSAR dengan menekankan pada eliminasi kesalahan akibat adanya temporal decorrelation dan atmospheric dishomogeneities yang sering ditemui pada metode sebelumnya

Item Type:Article
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
Faculty of Engineering > Department of Geodesic Engineering
ID Code:21604
Deposited By:mr geodesi undip
Deposited On:01 Sep 2010 15:03
Last Modified:01 Sep 2010 15:03

Repository Staff Only: item control page