Perancangan Kondisi yang Optimal pada Proses Pelapisan Seng untuk Meminimalisasi Penyimpangan Berat Lapisan Seng pada Lembaran Baja (BjLS)

Suliantoro, Hen and Pujotomo, Darminto and Fanani, Zaenal (2004) Perancangan Kondisi yang Optimal pada Proses Pelapisan Seng untuk Meminimalisasi Penyimpangan Berat Lapisan Seng pada Lembaran Baja (BjLS). Documentation. FAKULTAS TEKNIK.

[img]
Preview
PDF - Published Version
238Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

906Kb

Abstract

PT Fumira merupakan suatu industri logam terutama bergerak pada bidang baja lembaran lapis seng. Permasalahan kualitas yang ada adalah bahwa terdapat beberapa sampel produk yang mempunyai berat lapisan seng di bawah standar minimum yang ditetapkan oleh Standar Industri Indonesia (SN1) sebesar 137 gram/m2. Metode yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap berat lapisan seng adalah metode desain eksperimen. Desain eksperimen merupakan saran yang berfungsi untuk menentukan variabel-variael bebas yang berpengaruh terhadap variabel terikat yang dalam hal ini berupa berat lapisan seng. Untuk pengolahan data, digunakan metode desain faktorial 3k. Faktor-faktor yang menjadi masukan dalam pengolahan data dalam desain faktorial 3 berupa faktor-faktor yang terdapat dalam proses produksi. Faktor-faktor yang berpengaruh tersebut berupa temperatur seng saat dalam furnance, kecepatan lembaran baja berjalan pada rol, serta waktu kerja. Dalam penelitian, perlakuan yang dilakukan merupakan kombinasi faktor-faktor tersebut. SUMMARY PT Fumira Glass is a company focused in producing galvanized iron sheet. The problem of this company is the samples production under minimum standard national Industry Indonesia (SNI) which 137 gr/m2. One of character quality iron sheet is weight galvanized in product and age product. Based on the problem above, the company needs such program for controlling product quality. Factorial 3k experimental design method is used to analyze this problem. Factors this research is temperature in furnace, velocity iron sheet in roll, and shift.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:T Technology > TH Building construction
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:21591
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:01 Sep 2010 14:08
Last Modified:01 Sep 2010 14:08

Repository Staff Only: item control page