PENGARUH JUMIAH PEMBERIAN PiUCAN ITEK JANTAN YANG DI INTEGRAMICAN DENGAN TANAMAN PADI DI SAWAH TERHADAP PERSENTASE ICARICAS" (EFFECT OF LEVEL AMOUNT OF FEED FOR MALE DUCK INTEGRATED WITH PADDY FIELDS ON CARCASS PERCENTAGE)

Mahfudz, Luthfi D. and Srigandono, Bambang and Sunarti , Dwi and Atmontarsono, Untiyati (1999) PENGARUH JUMIAH PEMBERIAN PiUCAN ITEK JANTAN YANG DI INTEGRAMICAN DENGAN TANAMAN PADI DI SAWAH TERHADAP PERSENTASE ICARICAS" (EFFECT OF LEVEL AMOUNT OF FEED FOR MALE DUCK INTEGRATED WITH PADDY FIELDS ON CARCASS PERCENTAGE). Documentation. FAKULTAS PETERNAKAN.

[img]
Preview
PDF - Published Version
350Kb

Abstract

5uatu penelitian tentartg jumlah pemberian pakan pada itik !antral yang diintegrasikan dengan tanarnan padi di sawah telah dilalckan di Desa Dukuh Dungus, Crabag, Purworejo. Tujuannya untk mengetahui berat badan akhir, lemak abdominal, daging dada dan daging paha, serta persentase "dressed" dan karkas itik lantern. Materi yang digunakan adalah itik jantan umur 2 minggu dengan berat awal 134 ± 1.99 g, yang dibeli pada pembibitan ternak itik rakyat desa Sumberejo, Kaliwngu, Kendal. Ransum yang diguinalcan terdiri dari jagung Muting giling, bekatul den konsentrat (CP 144) produksi PT Charoen Pokphand Jaya Farm. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan, 4 ulangan dan tiap unit percobean terdiri dari 8 ekor itik Perlakurm yang diterapkan adalah : T1 = itik dipelihara intensif dikandang dengan pemberian pakan 100%, T2 = itik dipelihara di sawah dengan pemberian pakan 75%, 73 = itik dipelihara di sawah dengan pemberian pakan 50% dan T4 = itik dipelihara di sawah dengan pemberian pakan 25% Parameter yang diamati meliputi : berat badan althir, persentase 'amok abdominal, daging dada, clan daging paha, serfs "dressed" dart karkas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaars yang nyata (P<0.05) pada sernua parameter. Hasa tertinggi pada bent badan dicapai oleh 71 = 150.25g, persentase lemak abdominal oleh T1 = 1.41%, daging dada oleh T1 = 13,02%, daging paha oleh T4 = 15.31%, "dressed" oleh T1= Ti89,56% dart karkas oleh T1. Kesirnpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemeliharaan itik yang dikandang lebih balk penampilannya disbanding yang dipeiihara di sawah. Pada pemehharaan di sawah pemberian pakan 50% menunjukkan hash yang =titan. Kata Kund : tingkat pemberian pakan, pemelihanan KM di sawah, persentase karkas. ABSTRACT An experiment an amount of feed supplemented on the ducks reared on paddy field was held in Dungus Village, Grebe& Purworeja The aims of the experiment was to know last body weight, percentage of abdominal fat, breast muscle, leg muscle, dressed and karkas of the male duck

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:21548
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:01 Sep 2010 08:35
Last Modified:01 Sep 2010 08:35

Repository Staff Only: item control page