UTOMO, MSK TONY SURYO and YOHANA, EFLITA and MUCHAMMAD, MUCHAMMAD (2005) PENINGKATAN EFISIENSI KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA KENDARAAN JENIS THREE WHEEL-AXIS TRUCK DENGAN SIMULASI AERODI1NAMIKA MENGGUNAKAN PROGRAM KOMPUTASI DINAMIKA FLUIDA. Documentation. FAKULTAS TEKNIK.
PDF - Published Version Restricted to Repository staff only 988Kb | ||
| PDF - Published Version 173Kb |
Abstract
Two aerodynamics simulation are done in this research, the first case is aerodynamic simulation on simplified bus which based on duell's and george's experiment; 1999 which is also simulated by krajnovic and davidson; 2001. This first case codes will be use as validation codes for three axle grade truck case. The first simulation will give aerodynamics characteristic files which equal to the experiment files, and gives simulation codes base on standard k-e turbulent model (standard wall function) with Standard Pressure, SIMPLE Pressure-Velocity coupling, 2" order Upwind Scheme for Momentum and Turbulence Kinetic Energy, and lg order Upwind Scheme Turbulence Dissipat Wn Rate. The second simulation aim to find the eftect of various add-on aerodynamics part to the aerodynamics forces, especially on drag and lift coefficient. The simulation result show that add-on acrodinamics pans will significantly decrease the drag coefficient. The static pressure and path lines visualization around the three axle grade truck can be use to analyze the truck's part that most affected to the drag forces. Dua simulasi aerodinamika dilakukan dalam penelitian iM, kasus pertama adalah simulasi aerodinamika pada simplified bus berdasarkan eksperimen Due11 dan George; 1999 yang disimulasikan pula oleh Krajnovic dan Davidson; 2001 sebagai validasi kode-kode simulasi yang digunakan pada kasus kedua yaitu simulasi truk kelas tiga as roda. Dad simulasi kasus pertama diperoleh data-data karakteristik aerodinamika yang sesuai dengan data eksperimen dan didapatkan kode-kode simulasi berdasarkan model turbulen stanaurd k- e (standard wall function) dengan metode diskretisasi Standard Pressure, SIMPLE Pressure-Velocity coupling, rd order Upwind Scheme untuk Momentum dan Turbulence Kinetic Energy, serta e order Upwind Scheme Turbulence Dissipation Rate. Simulasi kedua dilakukan untuk rnengetahui pengaruh variasi penambahan perangkat aerodinamika terhadap gaya-gaya aerodinamika, utamanya koefisien tahanan dan koefisien angkat. Dad hasil simulasi diketahui bahwa penambahan perangkat aerodinamika baik atas inaupun samping kabin menunjukkan penurunan nilai koefisien tahanan yang signifikan. Dengan visualisasi kontur tekanan statik dan visualisasi pola aliran di sekeliling truk kelas tiga as roda dapat dilakukan analisa untuk memprediksi bagian-bagian truk yang paling berpengaruh pada besarnya gaya tahanan truk kelas tiga as rode.
Item Type: | Monograph (Documentation) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering |
ID Code: | 21467 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 5 |
Deposited On: | 31 Aug 2010 08:37 |
Last Modified: | 31 Aug 2010 08:37 |
Repository Staff Only: item control page