Pembuatan buku panduan penatalaksanaan luka dekubitus pada lanjut usia bagi pengasuh : sebuah upaya pemberdayaan pengasuh lansia di Panti wreda Wening Wardoyo Ungaran

Widyastuti, Rita Hadi and Andriany, Megah and Handayani, Fitria (2005) Pembuatan buku panduan penatalaksanaan luka dekubitus pada lanjut usia bagi pengasuh : sebuah upaya pemberdayaan pengasuh lansia di Panti wreda Wening Wardoyo Ungaran. Documentation. FAKULTAS KEDOKTERAN.

[img]
Preview
PDF - Published Version
291Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

692Kb

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat "Pembuatan buku panduan penatalaksanaan luka dekubitus pada laajut usia bagi pengasub : sebuah upaya pemberdayaan pengasub lansia di Paati wreda Welting Wardoyo Ungaran" diawali dengan sosialisasi program kepada Kepala pimpinan Panti Wreda Wening Wardoyo Ungaran. Setelah mendapat persetujuan dad Kepala pimpinan Panti Wreda Wening Wardoyo Ungaran, kegiatari dimulai dengan sosialisasi program kepada pengisuh di setiap wisma di Panti Wreda Wening wardoyo Ungaran. Setelah itu dilanjutkan dengan pengumpulin materi yang diperlukan dalaM kegaiatan pengabdian. Kegiatan dilanjutkan dengan pengidentifikasian materi bersarna dengan pengasuh dan pembuatan buku panduan penatalajcsanaan luka dekubitus pada lansia bagi pengasuh pelatihan bagi perigasub dalam penatalaksanaan luka dekubitus pada lansia, dengan materi : perubahan pada lansia, peran pengasuh dalam perawatan lansia, mengenal tentangluka dekubitus Teknik alih baring pada lansia, teknik perawatan luka pada lansia dan perawatan luka dekubitus pada lansia. Setelah itu dilarkjutkan dengan •praktik penatalaksanaan luka dekubitus tentang cam rnengidentifilussi risiko luka dekubitus, cara merawat luka dekubitus dan cara melakukan teknik alih baring pada lansia. Sebelum dan sesudah kegiatan pelatihan dilakukan evaluasi untuk menPai kemampuan kognitif dan psikomotor pengasuh. Kegiatan Pengabdiun Masyarakat ini diakhiri dengan pembentukan. Tim penatalaksanain luka dekubitus yang akan menindakianjuti kegiatan dan penyerahan bqku panduan temang penatalaksaaan luka dekubitus serta alat — alat dan format — format yang dibutuhkan dalam penatalaksanaan luka dekubitus pada lansia.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:21346
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:30 Aug 2010 08:19
Last Modified:30 Aug 2010 08:19

Repository Staff Only: item control page