PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK PENGELOLAAN SUMBER DAYA HUTAN PERUM PERHUTANI UNIT I JAWA TENGAH DENGAN METODE UNIFIED PROCESS

Etrisari, Endah (2010) PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK PENGELOLAAN SUMBER DAYA HUTAN PERUM PERHUTANI UNIT I JAWA TENGAH DENGAN METODE UNIFIED PROCESS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
27Kb

Abstract

Pengelolaan sumber daya hutan (SDH) merupakan tanggung jawab Biro Pembinaan Sumber Daya Hutan Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Pelaksanaan pengelolaan SDH dilakukan oleh kantor Unit I dengan melibatkan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH), dan Resor Polisi Hutan (RPH). Perum Perhutani telah memanfaatkan teknologi informasi (TI) dalam pembuatan Data Kemajuan Pekerjaan (DKP, yaitu dengan menggunakan aplikasi Microsoft Access. Pemanfaatan TI dapat dimaksimalkan dengan membangun perangkat lunak pengelolaan SDH yang dapat diakses oleh KPH dan BKPH. Perangkat lunak pengelolaan SDH ini dibangun dengan menggunakan metode Unified Process. Unified Process termasuk dalam paradigma pengembangan perangkat lunak berorientasi objek (object oriented). Unified Process terdiri atas 5 alur kerja inti (core workflows) yaitu: Requirements, Analysis, Design, Implementation, dan Test. Perangkat lunak ini diimplementasikan dengan menggunakan kompilator bahasa pemrograman Visual Basic 2005, komponen Developer Express .NET v8.1, DevComponents Dot Net Bar, dan database SQL Server 2000. Perangkat lunak ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah data kegiatan fisik dan data keuangan pada pengelolaan SDH, serta menghasilkan DKP dan laporan keuangan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:21158
Deposited By:Mr Sutikno .
Deposited On:27 Aug 2010 08:18
Last Modified:27 Aug 2010 08:18

Repository Staff Only: item control page