UJI POTENSI EKSTRAK BIJI JARAK (Jatropa curcas L) SEBAGAI FUNGISIDA ALAMI TERHADAP JAMUR Lagenidium sp. PATOGEN PADA UDANG WINDU SECARA "IN VITRO"

Pujiyanto, Sri (2002) UJI POTENSI EKSTRAK BIJI JARAK (Jatropa curcas L) SEBAGAI FUNGISIDA ALAMI TERHADAP JAMUR Lagenidium sp. PATOGEN PADA UDANG WINDU SECARA "IN VITRO". Documentation. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

630Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
156Kb

Abstract

Jamur Lagenidium merupakan salah satu jamur penyebab penyakit udang yang sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan kematian missal dalam waktu yang singkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beberapa konsentrasi ekstrak biji jarak terhadap pertumbuhan jamur Lagenithum sp secara in vitro, serta untuk mengetahui ambang batas konsentrasi ekstrak biji jarak yang aman terhadap udang windu. Pengujian pengaruh ekstrak biji jarak terhadap jamur Lagenidium dilakukan pada media PGY (Pepton Glukosa Yeast ekstrak) agar. Konsentrasi ekstrak yang dicobakan adalah 0, 1, 2, 3, 4 dan 5% dengan metode difusi agar. Koloni jamur yang berbentuk lingkaran dengan diameter 9 mm diletakkan di atas media uji. Setelah inkubasi selama 48 jam diukur diameter pertumbuhan koloninya. Hasil penelitian menunjukkan adanya penganih penambahan ekstrak biji jarak terhadap pertumbuhan jamur. Uji daya letal racun (LC50-96 jam) ekstrak biji jarak terhadap larva udang windu diperoleh nilai 52,12 mg/1.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:Q Science > QD Chemistry
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Chemistry
ID Code:21150
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:26 Aug 2010 11:31
Last Modified:26 Aug 2010 11:31

Repository Staff Only: item control page