EKSTRAKSI LOGAM BERAT SERTA PEMISAHAN KROM (III) DAN (VI) DARI LIMBAH MENGGUNAKAN TEKNIK MEMBRAN CALK BERPENDUKUNG (SLM)

Haris, Abdul and Djunaidi, M. Cholid (2002) EKSTRAKSI LOGAM BERAT SERTA PEMISAHAN KROM (III) DAN (VI) DARI LIMBAH MENGGUNAKAN TEKNIK MEMBRAN CALK BERPENDUKUNG (SLM). Documentation. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

704Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
154Kb

Abstract

Pemisahan logam berat dengan pengemban sinergi (campuran TBP: D2EHPA) dilakukan dengan membandingkan efektifitasnya dengan pengemban tunggal penyusunnya (TBP dan D2EHPA) melalui teknik SLM. Dilakukan juga pemisahan antara Cr (III) dan Cr (VI) dengan teknik SLM menggunakan pengemban tunggal. Pengemban sinergi campuran TBP:D2EHPA yang digunakan adalah dengan perbandingan TBP:D2EHPA 1:4 (1 M), sedangkan D2EHPA dan TBP dengan konsentrasi masing-masing 1 M. Pemisahan dilakukan dengan Mat SLM, dengan membran padat PTFE sebagai naembran pendukung, sedangkan pelarutnya adalah kerosene yang sebelumnya didistilasi dan diambil fraksi 200-220°C. Pemisahan dilakukan selama 5 jam. Analisa dilakukan dengan AAS dan UV-VIS (logam berat) dan pH meter (ion hydrogen). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengemban sinergi mempunyai efektifitas yang lebih besar daripada pengemban tunggal penyusunnya, sehingga semua logam (Cu (II), Fe (II), Ni (II), Cr (III) dan Cr (VI) terekstrak dengaii % transpor Cu yang paling besar. Untuk pemisahan Cr (III) dan Cr (VI) dilakukan dengan menggunakan pengemban tunggal penyusunnya, D2EHPA hanya mengekstrak Cr (III) saja tanpa Cr (VI) sedangkan TBP mengekstrak keduanya. Keterlibatan ion hidrogen tampak jelas ditandai dengan tumnnya pH di fasa umpan dan naiknya pH di fasa penerima.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:Q Science > QD Chemistry
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Chemistry
ID Code:21138
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:26 Aug 2010 09:51
Last Modified:26 Aug 2010 09:51

Repository Staff Only: item control page