UJI POTENSI EKSTRAK AKAR Acanthus illcifoltus TERHADAP PENGENDALIAN PERTUMBUHAN JAMUR PATOGEN UDANG WINDU: Lagenidium sp DI PEMBUDIDAYAAN INTENSIF

Pancasakti K, Hermin and Purwantisari, Susiana (2002) UJI POTENSI EKSTRAK AKAR Acanthus illcifoltus TERHADAP PENGENDALIAN PERTUMBUHAN JAMUR PATOGEN UDANG WINDU: Lagenidium sp DI PEMBUDIDAYAAN INTENSIF. Documentation. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1111Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
216Kb

Abstract

Lagenidium sp ad alah jamur p atogen larva udang windu yang sampai saat ini sulit dikendalikan keberadaannya di b ak p embenihan udang. Selain sulit dikendalikan, s erangannya s angat cepat s ehingga menimbulkan kematian MOSS al larva udang windu sec ara cep at dan singkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi yang tepat dari ekstrak tumbuhan deruju (Acantnus ilictfollus) yang dap at mengendalikan peitumbuhan jamur Lagenidiwn sp secara in vitro, serta mengetahui ant ang b atas kons entrasi ekstrak tumbuhan dertkp yang aman terhadap aktivitas larva ud ang windu sebagai organisme bukan sasaran. Peneitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari 2 tahap, yaitu p engujian fraksi ekstrak tumbuhan deruju terhadap p enghambatan pertumbuhan jamur Lagenidium sp secara in vitro, yang diinokulasikan s ecara sebaranp ada medium PGY, sedangkanp enelitian tahap kedua adalah p enelitian tentang p engujian fraksi ekstrak tumbuhan deniju itu terhadap aktivitas larva udang windu dengan mengukur LC•50nya (kematian dari 50% larva udang windu pada konsentr•si ekstrak yang diberikan) sclama p end ed ahan 24.48 dan 78 jam. Ranc angan penelitian menggunakan Rancang an Ac ak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 4 ulang an. Hasil p enelitian menunjukkan bahwa ekstrak tumbuhan deruju tidak menunjukkan p enganth dalam menghamb at p ertumbuhan jamur Lagenidium sp secara in vitm pada s emua taraf konsentrasi. Hal ini menunjukk an bahwa fraksi ekstrak tumbuhan d eruju tidak d ap at digunakan sebagai bahan alternatif fungisida alami b agi pengendalian p enyakit larva udang windu. Penelitian tentang fraksi ekstrak tumbuhan deruju terhadap keamanan aktivitas larva udang windu sebag al organisme bukan sasaran tidak dilakukan, mengingat dalam p ene titian sec ara in vitro telah diketahui bahwa fraksi ekstrak tumbuhan deruju tidak efektif mengendalikan pertumbuhan jamur patogen udang windu Lagenidium sp seb a gai organisme sasaran.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:20930
Deposited By:Mr UPT Perpus 5
Deposited On:24 Aug 2010 13:59
Last Modified:24 Aug 2010 13:59

Repository Staff Only: item control page