APLIKASI MIKROKONTROLER ATMEGA85335 UNTUK OTOMATISASI POMPA MOTOR DC DAN SOLENOID VALVE PADA ALAT UKUR TEKANAN DARAH DAN DENYUT NADI GLUTERMA METER DIGITAL

PRAMUJIANTO, MOCHAMMAD ARIEF (2010) APLIKASI MIKROKONTROLER ATMEGA85335 UNTUK OTOMATISASI POMPA MOTOR DC DAN SOLENOID VALVE PADA ALAT UKUR TEKANAN DARAH DAN DENYUT NADI GLUTERMA METER DIGITAL. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
112Kb

Abstract

Perkembangan teknologi membuat kualitas kehidupan manusia semakin tinggi. Dampak perkembangan teknologi ini telah memasuki segala bidang kehidupan dalam memanjakan manusia dalam penggunaan perangkat digital. Salah satunya wujud teknologi digital sering terlihat pada suatu alat ukur. Glutema Meter Digital dalam pembuatan tugas akhir ini merupakan alat yang dapat mengukur gula darah, tekanan darah dan denyut nadi. Seperti diketahui, untuk saat ini alat yang ada di pasaran terdiri dari dua bahkan lebih untuk setiap pengukuran. Untuk itu dibuatlah gluterma meter digital untuk tiga pengukuran sekaligus dalam satu alat. Untuk pengukuran tekanan darah, dan denyut nadi dilengkapi dengan sistem otomatisasi, sehingga alat tersebut bekerja secara otomatis. Untuk proses otomatisasi proses dimulai setelah semua data telah diisi. Pengolahan data dilakukan oleh mikrokontroler ATMega8535, sedangkan hasil pengukuran ditampilkan dalam bentuk tulisan pada layar LCD 2x16. Mikrokontroler kemudian memberikan perintah kepada motor untuk bekerja. Tekanan darah dan denyut nadi akan terukur. Setelah semua proses pengukuran selesai solenoid valve akan bekerja.hasil pengukuran berupa tekanan darah tas, tekanan darah bawah, dan denyut nadi akan ditampilkan di layar LCD.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Electrical Engineering
ID Code:20853
Deposited By:mr Arkhan Subari
Deposited On:23 Aug 2010 17:44
Last Modified:23 Aug 2010 17:44

Repository Staff Only: item control page