PEMODELAN KOMBINASI TREN DETERMINISTIK DAN STOKASTIK PADA KASUS PELONJAKAN VOLUME PENUMPANG LEBARAN MODA KERETA API EKONOMI (Studi pada Koridor Pengawasan PT. KA Daop IV)

Annisa, Ranindita Suci (2010) PEMODELAN KOMBINASI TREN DETERMINISTIK DAN STOKASTIK PADA KASUS PELONJAKAN VOLUME PENUMPANG LEBARAN MODA KERETA API EKONOMI (Studi pada Koridor Pengawasan PT. KA Daop IV). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
140Kb

Official URL: http://stat.undip.ac.id

Abstract

Volume penumpang kereta api ekonomi yang melonjak terutama pada saat Lebaran menyebabkan terjadinya musiman yang panjang periodenya bervariasi. Kondisi ini disebabkan terjadinya bulan Lebaran akan berbeda setiap 3 tahun sekali karena menggunakan perhitungan kalender Islam. Fenomena lain yang terjadi adalah adanya peningkatan volume penumpang dari tahun ke tahun, sehingga menyebabkan gerakan naik atau yang biasa disebut tren. Keadaan tersebut mengakibatkan data bersifat tidak stasioner dalam mean, sehingga perlu dilakukan analisis time series yang didasarkan pada efek variasi kalender. Salah satu pendekatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan model kombinasi tren deterministik dan stokastik. Setelah model terbentuk maka melakukan peramalan untuk 12 periode ke depan. Berdasarkan hasil peramalan, diketahui bahwa volume penumpang tertinggi adalah pada bulan September 2010, yaitu 106.531 penumpang. Sehingga PT. Kereta Api (Persero) dapat melakukan kebijakan untuk menyediakan gerbong tambahan agar tidak terjadi penumpukan penumpang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Model kombinasi tren deterministik dan stokastik, variasi kalender
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:20743
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:23 Aug 2010 05:48
Last Modified:23 Aug 2010 05:48

Repository Staff Only: item control page