ANALISIS HUBUNGAN INDIKATOR KETAHANAN PANGAN TINGKAT RUMAH TANGGA DENGAN KEADAAN GIZI BALITA MENGGUNAKAN METODE GSCA (Studi Kasus di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah)

Muayyadah, Nailatul (2010) ANALISIS HUBUNGAN INDIKATOR KETAHANAN PANGAN TINGKAT RUMAH TANGGA DENGAN KEADAAN GIZI BALITA MENGGUNAKAN METODE GSCA (Studi Kasus di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
315Kb

Official URL: http://stat.undip.ac.id

Abstract

Ketahanan pangan tingkat rumah tangga merupakan permasalahan yang multisektoral dan merupakan faktor yang menentukan keadaan gizi balita. Indikator ketahanan pangan tingkat rumah tangga terdiri dari variabel ketersediaan, aksestabilitas dan konsumsi pangan. Ketersediaan pangan, aksestabilitas pangan, konsumsi pangan dan keadaan gizi balita merupakan variabel laten yang bisa diukur secara tidak langsung dan tidak sempurna dengan menggunakan indikator-indikator. Untuk mengetahui hubungan indikator ketahanan pangan tingkat rumah tangga; ketersediaan pangan, aksestabilitas, dan konsumsi pangan dengan keadaan gizi balita digunakan model persamaan struktural berbasis komponen yaitu Generalized Structured Component Analysis (GSCA) dimana variabel laten didefinisikan sebagai komponen dari indikator. Dari penelitian pada 120 rumah tangga responden di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah diperoleh hasil bahwa ada hubungan antara ketersediaan pangan dengan aksestabilitas pangan, ada hubungan antara ketersediaan pangan dengan konsumsi pangan, tidak ada hubungan antara ketersediaan pangan dengan keadaan gizi balita, ada hubungan antara aksestabilitas pangan dengan konsumsi pangan, ada hubungan antara aksestabilitas pangan dengan keadaan gizi balita, ada hubungan antara konsumsi pangan dengan keadaan gizi balita.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:gizi balita, ketahanan pangan, SEM, GSCA
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:20742
Deposited By:Mr Hasbi Yasin
Deposited On:23 Aug 2010 05:44
Last Modified:23 Aug 2010 05:44

Repository Staff Only: item control page