SISTEM ON-OFF AC (AIR CONDITIONER) PADA RUANG PENYIMPAN BARANG-BARANG BERHARGA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16 DENGAN MONITORING VIA WEB

Laili, Alifia Nur (2010) SISTEM ON-OFF AC (AIR CONDITIONER) PADA RUANG PENYIMPAN BARANG-BARANG BERHARGA BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16 DENGAN MONITORING VIA WEB. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
531Kb

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan manusia akan alat pendingin ruang atau lebih dikenal dengan sebutan AC (Air Conditioner) semakin meningkat, khususnya dalam bidang industri, perkantoran, bahkan pada lingkup kecil seperti rumah tangga. Sayangnya, penggunaan AC (Air Conditioner) justru dapat mengakibatkan penggunaan energi listrik yang tidak efisien. Hal ini karena oleh sebagian orang, AC digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya, AC dibiarkan dalam kondisi ON meski suhu ruang bisa dikatakan tidak panas, atau setting AC tidak sesuai dengan suhu ruang. Tugas Akhir ini menitikberatkan pada sistem kendali suhu ruang, dimana hasil pembacaan suhu ruang bisa diset dan ditampilkan di LCD dan web. Sistem ini menggunakan mikrokontroler ATMega16 sebagai pengendali utama dengan input dari sensor suhu LM35. Range suhu yang dapat dikendalikan adalah antara 20oC sampai dengan 28oC. Sebagai perbandingan pembacaan suhu oleh sensor suhu LM35, digunakan pula termometer analog pada ruang. Dari hasil pengujian perangkat keras (hardware), diketahui bahwa sistem kendali suhu ruang ini dapat menghemat penggunaan energi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Electrical Engineering
ID Code:20734
Deposited By:mr Arkhan Subari
Deposited On:23 Aug 2010 04:36
Last Modified:23 Aug 2010 04:36

Repository Staff Only: item control page