APLIKASI MIKROKONTROLER ATMEGA16 SEBAGAI PENGONTROL SISTEM EMERGENCY DAN LAMPU JALAN YANG DILENGKAPI DENGAN SENSOR CAHAYA (LDR) PADA MINIATUR KOMPLEKS PERUMAHAN MODERN

Anggraini, Dian and Yuniarto, Yuniarto (2010) APLIKASI MIKROKONTROLER ATMEGA16 SEBAGAI PENGONTROL SISTEM EMERGENCY DAN LAMPU JALAN YANG DILENGKAPI DENGAN SENSOR CAHAYA (LDR) PADA MINIATUR KOMPLEKS PERUMAHAN MODERN. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
408Kb

Abstract

Dalam dunia modern ini tuntutan akan suatu jaminan keamanan sangat dibutuhkan. Mengingat banyak sekali tindak kriminalitas yang terjadi di sekitar kita terutama yang mengancam keamanan tempat tinggal kita sehingga arti keamanan dan ketenangan menjadi mahal harganya. Oleh karena itu,dibuatlah berbagai metode pengamanan untuk menjamin keamanan manusia. Dalam Proyek Tugas Akhir kali ini Saya memiliki gagasan untuk membuat suatu sistem pengaman rumah berupa tombol emergency yang dikontrol oleh sebuah mikrokontroller ATmega16 dilengkapi dengan sistem penerangan jalan otomatis yang dikontrol oleh Mikrokontroller dan sensor cahaya atau yang biasa disebut LDR (Light Depending Resistor). Tombol Emergency di sini menggunakan push button yang dapat ditekan oleh penghuni rumah apabila ada sesuatu yang membahayakan. Apabila tombol telah ditekan maka akan muncul tanda peringatan pada LCD di tempat pos satpam. Pada tampilan LCD akan ditunjukkan rumah yang mana, yang telah menekan tombol. Kemudian secara otomatis semua portal akan mengunci (off) dan akan dapat bekerja kembali saat di reset oleh satpam kompleks. Sedangkan untuk penerangan jalan otomatis, dalam simulasi Saya menggunakan LED ( Light Emiting Dioda) yang on atau off-nya dikontrol oleh sensor cahaya dan Mikrokontroller Atmega16.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Electrical Engineering
ID Code:20728
Deposited By:mr Arkhan Subari
Deposited On:21 Aug 2010 21:13
Last Modified:21 Aug 2010 21:13

Repository Staff Only: item control page