Identifikasi Molekuler Bakteri Simbion Karang Pavona sp. yang Memiliki Resistensi terhadap Logam Besi (Fe) dari Perairan Jepara, Jawa Tengah.

Hirayana, Raina (2010) Identifikasi Molekuler Bakteri Simbion Karang Pavona sp. yang Memiliki Resistensi terhadap Logam Besi (Fe) dari Perairan Jepara, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
26Kb

Official URL: http://fpik.undip.ac.id

Abstract

Wilayah perairan atau pesisir merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alam yang di dalamnya terdapat berbagai kekayaan sumber hayati maupun non hayati yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Peningkatan kegiatan yang dilakukan oleh berbagai kalangan dalam memanfaatkan potensi wilayah perairan dapat menyebabkan pencemaran yang akan menurunkan kualitas air maupun keragamanan hayatinya. Besarnya pengaruh yang diakibatkan oleh pencemaran logam berat memerlukan suatu upaya pengolahan secara biologis dalam pengurangan logam berat. Mikroorganisme laut memiliki kemampuan untuk memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana, dan kemampuan ini dapat dimanfaatkan untuk mengeliminasi polutan misalnya logam berat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan atau memperoleh bakteri simbion karang yang mampu mengurangi kandungan konsentrasi polutan (logam berat) khususnya besi (Fe) di perairan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2008 – Juli 2009. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental laboratory. Isolasi bakteri dan uji sensitivitas dilaksanakan di Laboratorium Terpadu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Semarang. Analisis AAS (Atomic Absorption Spectrophotometry) dan uji biosorpsi dilakukan di laboratorium MIPA, Semarang. Kemudian uji karakteristik bakteri dilakukan di laboratorium hama dan penyakit di BPAP. Studi molekuler bakteri dilaksanakan di Laboratorium Bioteknologi Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Sekuensing dilaksankan di Laboratorium Bioteknologi IAIN Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40 isolat bakteri berhasil diisolasi dari karang Pavona sp. Hasil uji sensitivitas menunjukkan 11 isolat bakteri resisten terhadap larutan logam berat Fe. Bakteri simbion karang Pavona sp isolat PV 32 diseleksi karena memiliki kemampuan biosorpsi logam paling baik. Hasil analisis molekuler menunjukkan bahwa isolat PV 32 memiliki kekerabatan terdekat dengan bakteri Bacillus sp. WH 300 dengan kesamaan sebesar 98 %.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Bakteri Simbion, Pavona sp, Biosorpsi, Logam berat Fe
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:20707
Deposited By:Ilmu Kelautan Admin
Deposited On:20 Aug 2010 13:57
Last Modified:20 Aug 2010 13:57

Repository Staff Only: item control page