Pengkayaan Makro dan Mikronutrien pada Kerupuk Rambak Pati dengan Lumatan Daging Ikan Nila (Oreochromis niloticus Linnaeus)

Purbandini, Mahanani (2010) Pengkayaan Makro dan Mikronutrien pada Kerupuk Rambak Pati dengan Lumatan Daging Ikan Nila (Oreochromis niloticus Linnaeus). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
34Kb

Official URL: http://fpik.undip.ac.id

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan ikan air tawar yang mempunyai gizi cukup tinggi dan hampir sama dengan ikan air laut, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup. Ikan nila merupakan salah satu sumber kalium untuk tubuh Salah satu makanan yang dapat ditambahkan adalah kerupuk, karena makanan ini hampir setiap hari dikonsumsi masyarakat sehingga dapat meningkatkan gizi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan daging ikan nila pada kerupuk rambak pati dengan berbagai konsentrasi terhadap mutu kerupuk yaitu nilai hedonik, kandungan protein, kandungan kalium, nilai kemekaran linier, dan kekerasan dengan perbandingan konsentrasi daging ikan nila yang berbeda. Metode yang digunakan adalah experimental laboratories dengan menggunakan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini menggunakan daging ikan nila dengan konsentrasi 0%, 5%, 7,5%,dan 10% dari jumlah bahan yang digunakan serta pengulangan sebanyak 3 kali kemudian dilakukan analisis pengujian mutu meliputi uji hedonik menggunakan analisa statistik.. Uji kimiawi (uji kalium, kadar protein), uji kekerasan serta uji kemekaran linier. Dianalisa dengan sidik ragam ANOVA (F = Parametrik dan X2 = Non parametrik), dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi penambahan daging ikan nila berpengaruh sangat nyata (P < 0,01) pada nilai kadar kalium, kemekaran linear dan kadar protein. kerupuk rambak pati yang digunakan sebagai kontrol yaitu tanpa penambahan daging ikan nila mempunyai kandungan kalium sebesar 0,039%, pada konsentrasi 5% kerupuk rambak pati mempunyai kandungan kalium sebesar 0,049%. Kerupuk rambak pati pada penambahan daging ikan nila 7,5% mempunyai kandungan kalium sebesar 0,055%, perbedaan konsentrasi antara 5% dengan 7,5 tidak berbeda sangat nyata karena tidak terlalu banyak daging ikan yang ditambahkan, sedangkan pada konsentrasi 10% mempunyai kandungan kalium yang tinggi yaitu 0,066%, hasil yang didapatkan kerupuk rambak pati tanpa penambahan daging ikan nila dengan penambahan daging ikan nila sebanyak 10% sangat nyata hal ini disebabkan semakin banyak daging ikan nila yang ditambahkan.Tingkat kekerasan tidak berpengaruh sangat nyata hal ini berarti penambahan daging ikan nila tidak menurunkan tingkat kekerasan kerupuk rambak pati, kemekaran linear menurun sebesar 79,95%, kadar protein 3,36%, sedangkan tingkat kekerasan naik 3,35% dari kontrol 2,16%. Tingkat penerimaan panelis terhadap kenampakan, warna, aroma, rasa dan tekstur terhadap kerupuk cenderung meningkat seiring meningkatnya konsentrasi penambahan ikan nila. Penambahan konsentrasi ikan nila 10% memiliki kesukaan paling tinggi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pengkayaan, Mikronutrie, Makronutrien, Kerupuk Rambak Pati, Daging Ikan Nila
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:20701
Deposited By:Ilmu Kelautan Admin
Deposited On:20 Aug 2010 13:14
Last Modified:20 Aug 2010 13:14

Repository Staff Only: item control page