Distribusi Ukuran Panjang Ikan Teri Nasi (Stolephorus comersonii) dan Layur (Trichiurus savala) yang Tertangkap Alat Tangkap Danish Seine (Dogol) dan Lift Net (Bagan) di Perairan Jepara

Saputro, Hanto Yulian (2010) Distribusi Ukuran Panjang Ikan Teri Nasi (Stolephorus comersonii) dan Layur (Trichiurus savala) yang Tertangkap Alat Tangkap Danish Seine (Dogol) dan Lift Net (Bagan) di Perairan Jepara. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
30Kb

Official URL: http://fpik.undip.ac.id

Abstract

Informasi mengenai sumberdaya ikan Teri dan Layur Sampai dengan saat ini belum banyak diketahui khususnya ukuran ikan yang tertangkap alat tangkap Dogol dan Bagan, sehingga diperlukan penelitian untuk mendapatkan informasi tentang ikan-ikan tersebut. Kedua alat tangkap tersebut memiliki cara operasi dan bagian-bagian penyusun yang berbeda, tetapi memiliki daerah penangkapan yang sama pada suatu wilayah, dalam hal ini adalah wilayah laut kabupaten Jepara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi ukuran ikan Teri dan Layur yang tertangkap alat tangkap Dogol dan Bagan, serta ukuran ikan lain yang ikut tertangkap. Penelitian dilaksanakan bulan Juli – Agustus 2009 dengan menggunakan metode survey. Pengambilan sampel ikan dengan mengikuti kegiatan penangkapan selama 3 trip untuk setiap alat tangkap dengan selang waktu 1 minggu untuk setiap tripnya. Sampel ikan diambil dengan cara acak, masing-masing sebanyak 1 gelas setiap operasi penangkapan. Sampel yang terambil diawetkan ke dalam larutan formalin 10%, dan dibawa ke laboratorium untuk diidentifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis ikan sama-sama tertangkap oleh alat tangkap Dogol dan Bagan dan beberapa macam yang lain berbeda. Hasil tangkapan kedua alat tangkap didominasi oleh Teri Nasi. Ikan Layur juga mendominasi tetapi jumlahnya tidak sebanyak Teri Nasi. Distribusi ukuran ikan Teri Nasi dan Layur yang tertangkap alat tangkap Dogol dan Bagan memiliki kisaran yang berbeda, dimana kisaran paling lebar adalah hasil tangkapan Dogol yang menangkap Teri Nasi dan Layur maupun ikan lain dalam ukuran kecil.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Distribusi ukuran, Teri Nasi, Layur, Dogol, Bagan, Perairan jepara
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:20696
Deposited By:Ilmu Kelautan Admin
Deposited On:20 Aug 2010 12:53
Last Modified:20 Aug 2010 12:53

Repository Staff Only: item control page