Pendugaan Nilai Target Strength Ikan Karang Menggunakan Sistem Akustik Split Beam (Bim Terbagi) Di Perairan Gugusan Pulau Pari, Kepulauan Seribu

Akbar., Delvano H. (2010) Pendugaan Nilai Target Strength Ikan Karang Menggunakan Sistem Akustik Split Beam (Bim Terbagi) Di Perairan Gugusan Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

[img]
Preview
PDF
37Kb

Official URL: http://fpik.undip.ac.id

Abstract

Target Strength (TS) adalah kekuatan dari suatu target untuk memantulkan suara dengan mengetahui nilai dan karakteristik target strength, sehingga informasi mengenai yang dibutuhkan dalam pendugaan stok ikan, seperti ukuran, dan kelimpahan sumberdaya ikan dapat diketahui. Dalam pengkajian kelimpahan sumberdaya ikan menggunakan system akustik, faktor pertama yang harus diketahui adalah nilai TS karena merupakan faktor skala dalam perhitungan kelimpahan ikan. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui nilai target strength ikan karang dengan menggunakan metode split beam (bim terbagi) di perairan gugusan Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta. Nilai ini yang nanti digunakan untuk petunjuk penelitian yang menggunakan alat seperti SIMRAD, sehingga ikan yang akan ditangkap sudah diketahui sebelumnya nilai target strengthnya. Materi atau objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah ikan-ikan karang yang berada di perairan pulau Pari, khususnya yang memiliki nilai ekonomis yang penting. Peralatan yang digunakan adalah Scientific echosounder SIMRAD EY- 60 dengan Software SIMRAD ER-60, split beam transducer¸ Laptop, dan alat pendukung lainnya. Data yang digunakan adalah data hasil perekaman menggunakan SIMRAD EY 60. Nilai TS yang diperoleh dari hasil perekaman, kemudian diolah menggunakan software SIMRAD ER 60. Hasil perekaman di ubah kedalam bentuk Microsoft excel, dari hasil tersebut dapat dilihat nilai TS, namun nilai TS tersebut terlebih dulu hitung dengan statistik. Hasil pendugaan nilai TS untuk masing-masing ikan bervariasi berdasarkan ukuran ikan tersebut. Semakin besar ukuran ikan maka nilai TS nya akan semakin besar juga. Selain itu nilai dari tilt angle ikan juga mempengaruhi dari nilai TS ikan. Nilai target strength ikan pasir-pasir berkisar sekitar -58.3 dB, Nilai target strength dari ikan kea-kea berkisar -64.6 dB, Nilai target strength dari ikan sera berkisar -60.1 dB, Nilai target strength dari ikan kerapu koko sekitar - 64.7 dB, Nilai target strength dari ikan beronang berkisar antara -58,3 dB, Nilai target strength dari ikan kerapu lodi berkisar -49,3 dB, Nilai target strength dari ikan nuri sekitar -50,3 dB, Nilai target strength dari ikan kakak tua berkisar sekitar -57 dB, Nilai target strength dari ikan lape adalah sekitar -60.96 dB, Nilai target strength dari ikan ini sekitar -50,2 dB.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Metode akustik, SIMRAD EY 60, Pendugaan TS.
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:20427
Deposited By:Mr Setyo Wardoyo
Deposited On:16 Aug 2010 08:59
Last Modified:16 Aug 2010 08:59

Repository Staff Only: item control page