RANCANG BANGUN UNIT PRAKTIKUM PEMAKAIAN MULTIMETER DAN HUKUM OHM BERBASIS FLASH PADA APLIKASI LABORATORIUM RANGKAIAN LISTRIK VIRTUAL PSD III TEKNIK ELEKTRO

Alatasy, Muhamad Aenurrofiq and Manan, Saiful and Subari, Arkhan (2009) RANCANG BANGUN UNIT PRAKTIKUM PEMAKAIAN MULTIMETER DAN HUKUM OHM BERBASIS FLASH PADA APLIKASI LABORATORIUM RANGKAIAN LISTRIK VIRTUAL PSD III TEKNIK ELEKTRO. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
23Kb

Abstract

Rangkaian listrik adalah suatu pengetahuan dasar dalam dunia teknik elektro yang membahas mengenai berbagai macam alat ukur baik yang digunakan untuk mengukur tegangan tinggi maupun tegangan rendah, arus searah maupun arus bolak-balik, daya dari suatu rangkaian beban, frekuensi dan sebagainya. Selain itu, juga membahas mengenai langkah-langkah pengukuran tegangan tinggi maupun rendah, arus searah maupun arus bolak-balik, daya dari suatu rangkaian beban, frekuensi dan sebagainya. Untuk mengetahui tentang pengaplikasian rangkaian listrik pada rangkaian unit, dapat dilakukan dengan cara praktikum lasngsung. Tetapi pada zaman sekarang ini, praktikum secara langsung banyak digantikan dengan praktikum secara simulasi atau virtual untuk lebih mempercepat proses belajar dan menghemat biaya. Salah satu program pembuat animasi simulasi yang biasa digunakan untuk sistem virtual lab adalah Macromedia Flash. Program tersebut berfungsi untuk mendesain model-model sistem animasi atau rancang bangun pada unit praktikum sehingga sama seperti praktikum sebenaranya. Rancang bangun unit pemakaian multimeter dan hukum ohm adalah unit praktikum rangkaian listrik yang akan dirancang dalam bentuk simulasi. Kedua rancang bangun atau animasi tersebut diterapkan pada aplikasi Laboratorium Virtual (Virtual Lab). Hasil pengujian praktikum yang dilakukan dengan simulasi atau virtual lab akan dibuat sama dengan unit praktikum yang sebenarnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Electrical Engineering
ID Code:20419
Deposited By:mr Arkhan Subari
Deposited On:15 Aug 2010 10:49
Last Modified:15 Aug 2010 10:49

Repository Staff Only: item control page