SENSOR AF30 SEBAGAI PENDETEKSI ASAP ROKOK DENGAN OUTPUT LCD, BUZZER, DAN LED PADA SISTEM PENGAMAN HOTEL YANG DIKENDALIKAN OLEH MIKROKONTROLER ATMEGA 8535

KUSUMO, GALIH and YUNIARTO, YUNIARTO (2009) SENSOR AF30 SEBAGAI PENDETEKSI ASAP ROKOK DENGAN OUTPUT LCD, BUZZER, DAN LED PADA SISTEM PENGAMAN HOTEL YANG DIKENDALIKAN OLEH MIKROKONTROLER ATMEGA 8535. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
19Kb

Abstract

Mikrokontroler merupakan suatu perangkat elektronika yang didalamnya sangat memungkinkan untuk membentuk suatu sistem yang hanya terdiri dari single chip (keping tunggal). Modul mikrokontroler ATMega8535 sebagai pendeteksi asap rokok merupakan suatu perangkat alat elektronika yang digunakan sebagai sarana percobaan dan pelatihan mahasiswa untuk lebih memahami secara mendalam mengenai mikrokontroler dan aplikasinya. Sistem mikrokontroler pada aplikasinya sering kali tidak berdiri sendiri melainkan dapat terhubung ke antar muka – antar muka lain seperti ADC, DAC, LCD, Keypad dan lain-lain. Pada simulasi modul ini menggunakan suatu sistem minimum yang komponen utamanya adalah mikrokontroler ATMega8535. Rangkaian aplikasi dari simulasi modul mikrokontroler ini meliputi sistem minimum ATMega8535,Sensor asap AF30, LCD, Buzzer dan LED. Untuk menghasilkan suatu proses yang diinginkan pada Modul mikrokontroler ATMega8535 sebagai penditeksi asap rokok dengan tampilan LCD, bunyi buzzer ,dan menyalanya LED, maka mikrokontroler terlebih dahulu harus diisi dengan program sesuai dengan yang dikehendaki. Program mikrokontroler ini menggunakan bahasaC sebagai bahasa pemrogramannya. Setelah program aplikasi didownloadkan pada mikrokontroler melalui fasilitas ISP (In System Programing) yang terhubung dengan komputer personal, mikrokontroler ATMega8535 sudah siap digunakan dan akan menjalankan program tersebut berupa tampilan suatu kalimat yang bergerak dengan variasi tertentu pada LCD, membunyikan buzzer dan menyalakan LED jika sensor asap mendeteksi adanya asap rokok.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Electrical Engineering
ID Code:20400
Deposited By:mr Arkhan Subari
Deposited On:14 Aug 2010 04:21
Last Modified:14 Aug 2010 04:21

Repository Staff Only: item control page