Uji Efektifitas Vaksin Protein Outer Membrane (POM) Vibrio alginolyticus 8 Pada Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) Dengan Dosis Yang Berbeda

Kharish, M and Desrina, D and Taslihan, A and Ambariyanto, A (2007) Uji Efektifitas Vaksin Protein Outer Membrane (POM) Vibrio alginolyticus 8 Pada Ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) Dengan Dosis Yang Berbeda. In: Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan FPIK Universitas Diponegoro, 2007, Semarang. (Unpublished)

[img]Microsoft Word - Other
28Kb

Abstract

Perkembangan usaha budidaya ikan Kerapu mengalami beberapa hambatan, salah satunya adalah penyakit bakterial dari Vibrio sp. Selama ini penelitian dengan menggunakan vaksin dari sel utuh yang dimatikan (bakterin) pada ikan Kerapu memberikan hasil yang bervariasi. Sedangkan antigen murni yang berasal dari POM bakteri Vibrio sp. merupakan komponen bakteri yang potensial dijadikan vaksin untuk mengendalikan penyakit vibriosis pada ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian vaksin POM bakteri Vibrio alginolyticus 8 terhadap respon antigenik ikan Kerapu Macan (Epinephelus fuscoguttatus) dan untuk mendapatkan Berat Molekul antigen murni POM tersebut yang memberikan respon antibodi terbaik pada ikan Kerapu Macan (E. fuscoguttatus). Protein bakteri V. aiginolyticus 8 diisolasi dengan metode elektroforesis dan elektroelusi. Kemudian protein hasil isolasi diukur konsentrasinya dengan spektrofotometer, dan digunakan untuk uji antigenik. POM disuntikan ke hewan uji secara intraperitonial dengan dosis berbeda 5 g/ 0,1 ml. Hasil penelitian menunjukkan bahwa POM bakteri V. alginolyticus 8 dengan gabungan 4 band protein (73,434 kDa, 64,136 kDa, 37,836 kDa, dan 32,009 kDa), bersifat antigenik. Dosis Protein V. alginolyticus 8 dengan nilai dosis 10 μg merupakan yang paling antigenik karena mampu menghasilkan titer antibodi yang tertinggi yaitu pada minggu ketiga sebesar 210 dan masih tetap tinggi sampai akhir pengamatan. Kata kunci : Outer Membrane Protein, Vibrio alginolyticus 8, antigen, antigenik, titer antibodi, Kerapu Macan (Ephinephelus fuscoguttattus)

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:20398
Deposited By:Dr. Ambariyanto A.
Deposited On:14 Aug 2010 04:05
Last Modified:14 Aug 2010 04:05

Repository Staff Only: item control page