HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTEK PERAWAT DALAM PENCEGAHAN INFIKSI NOSOKOMIAL PADA PASIEN PASCA OPERASI DI RUMAH PERAWATAN BEDAH RSUD Dr.ACHMAD DIPONEGORO PUTUSSIBAU

HERMANTO, ADE (2007) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTEK PERAWAT DALAM PENCEGAHAN INFIKSI NOSOKOMIAL PADA PASIEN PASCA OPERASI DI RUMAH PERAWATAN BEDAH RSUD Dr.ACHMAD DIPONEGORO PUTUSSIBAU. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
16Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Infeksi Nosokomial adalah Infeksi yang terjadi atau didapat pasien selama dirawat di rumah sakit yang terjadi setelah 3x24 jam pasien dirawat. Upaya pengendalian infeksi nosokomial adalah hal yang harus dilakukan di setiap rumah sakit,. Adapun upaya-upaya yang dilaskukan dalam mencegah infeksi nosokomial yang terpenting yaitu dengan meningkatkan tentang infeksi nosokomial. Kewaspadaan universal melalui peningkatan pengetahuan merupakan salah satu upaya pengendalian infeksi nosokomial dan perwujudan tanggung jawab rumah sakit sebagi tempat pemeliharaan kesehatan, dan bukan rumah sakit yang mejadi penyebar infeksi atau yang menyebabkan penderitaan bagi pasien, keluarganya maupun petugas kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap dengan praktek perawat tentang pencegahan infeksi nosokomial pada pasien pasca operasi di ruang perawatan bedah RSUD DR. Achmad Diponegoro Putussibau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Analisa data hasil penelitian dengan uji statistik Chi-Square menggambarkan tidak adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap dengan praktek perawat tentang pecegahan infeksi nosokomial pada pasca operasi di ruang perawat bedah RSUD DR.Achmad Diponegoro Putussibau. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Analisa data hasil penelitian dengan uji statistik Chi-Square menggambarkan tidak adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap dengan praktek perawat dalam pencegahan infeksi nosokomial. Saran perlu dilakuakn penelitian lebih lanjut tehadap faktoe-faktor yang menyebabkan terjadinya infeksi nosokomial (Lingkungan dan sumber infeksi) serta faktor enabling dan reinforcing (L. Green).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:20192
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:12 Aug 2010 10:03
Last Modified:12 Aug 2010 10:03

Repository Staff Only: item control page