TERMINAL BUS TIPE A KOTA SURAKARTA

HANJARI, SATI (2005) TERMINAL BUS TIPE A KOTA SURAKARTA. Undergraduate thesis, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
53Kb

Abstract

Setiap tahap pembangunan memerlukan sistem transportasi yang efektif dan efisien sebagai salah satu prasarat guna kelangsungan dan terjaminnya pelaksanaan pembangunan tersebut, sehingga timbul tuntutan untuk menyediakan sarana dan prasarana transportasi agar pergerakan tersebut dapat berlangsung dengan kondisi aman, teratur, cepat, lancer dan nyaman serta ekonomis dari segi waktu dan biaya. Menurut Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 31 tahun 1995 tentang “Terminal Transportasi Jalan”, menyebutkan bahwa terminal adalah prasarana transportasi jalan untuk keperluan menurunkan dan menaikkan penumpang, perpindahan intra dan atau antar moda transportasi serta mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum. Fungsi terminal sebagai tempat bertemunya penumpang dengan moda transportasi akan ditinggalkan apabila lokasi terminal induk yang berada dalam kota menjadikan kegiatan perpindahan antar maupun inter moda transportasi tidak lagi terpusat dalam terminal tersebut, namun akan terjadi pada tiap simpul pertemuan dua atau lebih moda angkutan di dalam kota. Kota Surakarta merupakan pusat Wilayah Pembangunan VII di propinsi Jawa Tengah yang mempunyai cirri sebagai daerah transisi antara aktivitas pemukiman kegiatan komersial dan fasilitas umum dan mempunyai potensi cukup besar sebagai pusat kegiatan ekonomi. Saat ini Kota Surakarta dilayani oleh terminal Tirtonadi sebagai terminal induk dan beberapa sub terminal untuk mewadahi sarana angkutan umum pedesaan. Terminal Tirtonadi yang sudah mengalami pengembangan sebanyak dua kali ternyata masih belum mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada para pengguna jasa layanan terminal dalam hal ini adalah penumpang dan operator jasa angkutan dan menjadi sumber kemacetan bagi daerah sekitarnya. Berdasarkan RDTRK Surakarta bagian Selatan terminal akan dipindahkan ke Surakarta bagian Utara (dekat dengan outer ring road) sebagai salah satu penyelesaian masalah kepadatan lalu lintas dalam kota yang berdampak negatif kepada kegiatan-kegiatan kota sehingga dalam kota akan aman dari bus besar dan sebagai kerangka penggerak pemerataan kegiatan kota kearah Utara, serta menyongsong jalan tol jangka panjang di utara kota. Dengan adanya fenomena tersebut maka perlu adanya perencanaan Terminal Tipe A Kota Surakarta sebagai pengganti terminal yang ada saat ini, sehingga mampu menjamin kelancaran dan kenyamanan pergerakan manusia dan atau barang antar wilayah, baik yang menggunakan inter moda maupun antar moda dalam kawasan kota dan daerah sekitar. B. Tujuan dan Sasaran Tujuan : memperoleh suatu Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Terminal Tipe A, dengan suatu penekanan desain yang spesifik sesuai dengan originalitas/ karakter judul dan citra yang dikehendaki atas judul yang diajukan Sasaran : tersusunnya usulan dasar-dasar perencanaan dan perancangan Terminal Tipe A Surakarta berdasarkan atas aspek-aspek panduan perancangan. C. Manfaat Manfaat subyektif : sebagai pedoman perancangan grafis Terminal Tipe A Kota Surakarta dan untuk melengkapi sebagian persyaratan untuk mencapai gelar Sarjana Teknik pada Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang. Manfaat obyektif : pembahasan ini diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan baik mahasiswa arsitektur dan kalangan arsitek, maupun pihak lain yang membutuhkan. D. Lingkup Pembahasan Ruang Lingkup Subtansial Perencanaan Terminal terpadu Kota Surakarta merupakan suatu perencanaan dan perancangan suatu prasarana transportasi sebagai sarana dalam sistem transportasi yang aman, nyaman dan lancer serta efisien dari segi operasional dan biaya secara kualitas mapun kuantitas dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung kegiatan pelayanan transportasi. Ruang Lingkup Spasial Secara Administratif wilayah perencanaan berada di kota Surakarta wilayah pembangunan bagian Utara, tepatnya di kecamatan Banjarsari. E. Metode Pembahasan Metoda pembahasan yang digunakan adalah metoda deskriptif analitis, yaitu metoda pembahasan dengan memaparkan, baik data literature, wawancara, maupun data lapangan yang digabungkan dan dianalisa untuk memperoleh rumusan yang mendukung tujuan pembahasan. Data-data, baik primer maupun sekunder yang mendukung dan relevan untuk penyusunan perencanaan dan perancangan terminal bus kelas A di kota Surakarta ini, diperoleh dari. 1. Studi Literatur/ kepustakaan dari sumber-sumber terkait dan tertulis. 2. Survei dan dokumentasi 3. Wawancara dengan narasumber yang berkaitan dengan kegiatan di dalam sarana dan prasarana Terminal Bus. Dari data-data tersebut diatas kemudian dianalisa sehingga menghasilkan suatu kesimpulan. F. Sistematika Pembahasan Pembahasan masalah disusun dengan menggunakan sistematika berikut : Bab I Pendahuluan Berisi tentang latar belakang, tujuan dan sasaran, lingkup pembahasan, metode pembahasan dan sistematika pembahasan. Bab II Tinjauan Pusataka Dan Studi Banding Berisi tentang tinjauan pustaka tentang sistem transportasi dan terminal sebagian bagian dari sistem transportasi, pengertian, fungsi, tujuan dan factor-faktor yang berpengaruh terhadap sistem transportasi serta Terminal Penumpang Giwangan sebagai objek studi banding. Bab III Tinjauan Kota Surakarta Membahas tentang kota Surakarta, baik secara umum maupun keadaan transportasinya, tinjauan terminal Tirtonadi dan kesimpulan dari studi banding. Bab IV Batasan Dan Anggapan Berisi tentang batasan dan anggapan yang akan digunakan dalam perencanaan dan perancangan untuk mengantisipasi timbulnya kendala-kendala dalam proses penyusunan LP3A. Bab V Pendekatan Program Perencanaan Dan Perancangan Berisi mengenai analisa lokasi dan tapak, aspek-aspek perancangan antara lain fungsional, kinerja, teknis, dan arsitektural yang dibutuhkan dalam suatu perencanaan Terminal Bus Tipe A Surakarta. Bab VI Program Perencanaan Dan Perancangan Berisi tentang program perencanaan dan perancangan yang nantinya digunakan sebagai landasan perencanaan fisik desain grafis.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering
ID Code:20128
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Aug 2010 07:59
Last Modified:12 Aug 2010 07:59

Repository Staff Only: item control page