Analisis Tingkat Produktivitas Alat Tangkap Jaring Arad dengan Hasil Tangkapan Udang Putih (Penaeus merguensis) dan Udang Ronggeng (Oratosquilla sp.) di Tambak Lorok Semarang

Zawani., Anggunsari (2010) Analisis Tingkat Produktivitas Alat Tangkap Jaring Arad dengan Hasil Tangkapan Udang Putih (Penaeus merguensis) dan Udang Ronggeng (Oratosquilla sp.) di Tambak Lorok Semarang. Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

[img]
Preview
PDF
27Kb

Official URL: http://fpik.undip.ac.id

Abstract

Kegiatan penangkapan ikan merupakan salah satu usaha yang dilakukan untuk memanfaatkan potensi perikanan yang ada di Indonesia. Dalam kegiatan penangkapan ikan diperlukan berbagai informasi tentang konstruksi dan pengoperasian alat tangkap yang efektif, kondisi oseanografi, maupun mengenai tingkah laku ikan yang menjadi sasaran penangkapan. Jaring arad merupakan alat tangkap udang yang digunakan oleh nelayan Semarang. Penyebaran udang penaeid hampir terdapat di sepanjang pantai di perairan Indonesia, terutama pada daerah-daerah yang masih dipengaruhi oleh muara sungai sampai kedalaman 30 - 40 m dengan dasar perairan lumpur berpasir. Untuk lebih mendukung keberhasilan dalam usaha penangkapan udang penaeid, penentuan daerah penangkapan (fishing ground) diperlukan karena dengan mengetahui daerah penangkapan udang penaeid maka dapat mengetahui posisi sasaran, sehingga dapat mencapai hasil tangkapan efektif. Produktivitas alat tangkap adalah hasil tangkapan dengan satuan bobot per upaya penangkapannya, dimana upaya penangkapan berupa trip. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat produktivitas udang penaeid dan daerah sebaran distribusi udang di perairan Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling. Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Swept Area dan untuk menentukan daerah penangkapan udang penaeid menggunakan program Map Info 8.0 (mapping).Penelitian ini dilakukan dengan penangkapan secara langsung terhadap sumberdaya udang penaeid di perairan Tambak Lorok. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata produktivitas udang penaeid menggunakan jaring arad yaitu sebesar 390 ekor/ha. Daerah penangkapan udang penaeid yang paling potensial di perairan Tambak Lorok yaitu pada titik koordinat 06° 18' LS - 06° 48' LS dan 110° 17' BT - 110° 46' BT.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Produktivitas, Jaring Arad, Tambak Lorok.
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:20094
Deposited By:Mr Setyo Wardoyo
Deposited On:11 Aug 2010 14:24
Last Modified:11 Aug 2010 14:24

Repository Staff Only: item control page