TEXT DEVELOPMENT OF EXPOSITION GENRE ESSAYS WRITTEN BY ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF 2008 ACADEMIC YEAR IN DIPONEGORO UNIVERSITY

MADRIASARI, YUANITA (2010) TEXT DEVELOPMENT OF EXPOSITION GENRE ESSAYS WRITTEN BY ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS OF 2008 ACADEMIC YEAR IN DIPONEGORO UNIVERSITY. Undergraduate thesis, University of Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf) - Published Version
104Kb

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan analisisnya pada makna teks tekstual dari teks eksposisi yang ditulis oleh mahasiswa Jurusan Sastra Inggris angkatan 2008 di Universitas Diponegoro. Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain untuk menjelaskan dan menganalisis jenis-jenis theme, theme dan mood serta thematic structures yang paling sering digunakan pada teks eksposisi yang ditulis oleh mahasiswa Jurusan Sastra Inggris angkatan 2008 di Universitas Diponegoro. Selain itu, penulis juga bertujuan untuk mengidentifikasi fungsi sosial dari tipe teks eksposisi dan mengidentifikasi struktur general teks eksposisi tersebut. Sehingga, pada akhirnya penulis dapat mengetahui bagaimana mahasiswa mengembangkan dan mengorganisir tulisan mereka dalam teks eksposisi agar ide, pendapat dan pesan mereka akan suatu hal dapat tersampaikan pada pembaca. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualintatif dan kuantitatif, karena selain menjelaskan analisis theme-rheme, pengembangan tulisan, fungsi sosial dan struktur general teks eksposisi, penulis juga menghitung frekuensi kemunculan jenis theme, mood dan struktur sehingga dapat diketahui jenis theme, mood dan struktur dominan digunakan pada teks eksposisi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode dokumentasi dengan teknik pancing dimana penulis memberikan tes untuk memancing mahasiswa menuliskan teks eksposisi sehingga penulis memperoleh data yang diharapkan. Berdasarkan hasil analisis data, penulis mengidentifikasikan bahwa topical theme, thematic pada declarative mood dan thematic pada klausa kompleks merupakan jenis theme, mood dan struktur yang paling sering digunakan pada 18 teks eksposisi. Dalam pengembangan teks, metode re-iteration dan pola zig-zag adalah metode yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa. Lebih lanjut, penulis dapat mengidentifikasi fungsi sosial 18 teks eksposisi yaitu menyampaikan pandangan maupun pendapat mengenai suatu hal. Dari, kedelapanbelas teks, penulis juga dapat mengidentifikasikan struktur general tipe teks eksposisi; thesis, argument1, argument2, argument3 dan reiteration. Namun, penulis juga menemukan penyimpangan lain pada hasil analisis data. Menurut Martin, conjuctive adjuncts merupakan bentuk textual theme yang paling sering digunakan pada teks eksposisi. Akan tetapi, penulis menemukan bahwa bentuk textual theme yang sering digunakan adalah conjunctions. Hal ini dikarenakan, sebagian besar mahasiswa salah paham dalam penggunaan conjunctions dan conjunctive adjuncts. Dalam penulisan teks eksposisi, textual theme merupakan jenis theme yang memiliki peranan peting dalam menambahkan, membandingkan dan menyusun pendapat serta membuat kesimpulan pada akhir teks eksposisi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:20064
Deposited By:mrs sastra inggris
Deposited On:11 Aug 2010 10:06
Last Modified:11 Aug 2010 10:06

Repository Staff Only: item control page