Hubungan antara pengetahuan dan sikap remaja tentang seksualitas terhadap perilaku seksual pada remaja di SMK Negeri 11 Semarang

Asmara, Fatikhu Yatuni and Suryani, Suryani (2010) Hubungan antara pengetahuan dan sikap remaja tentang seksualitas terhadap perilaku seksual pada remaja di SMK Negeri 11 Semarang. In: Seminar Nasional Mewujudkan Kemandirian Kesehatan Masyarakat Berbasis Preventif dan Promotif, 13-03-2010, Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
5Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Perilaku seksual merupakan perilaku yang bertujuan untuk menarik lawan jenis dan mendapatkan kesenangan organ kelamin. Perilaku ini dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, salah satunya pengetahuan dan sikap remaja tentang seksualitas sehingga mendorong remaja untuk melakukan perilaku seksual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap remaja tentang seksualitas terhadap perilaku seksual pada remaja di SMK Negeri 11 Semarang . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen dengan studi korelasi yang menggunakan uji chi square. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 89 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan seksualitas terhadap perilaku seksual remaja dengan nilai p value 0,000 dan X2 = 35,469. Terdapat hubungan juga antara sikap seksualitas terhadap perilaku seksual remaja dengan nilai p value 0,000 dan X2 = 45,497. Untuk penelitian selanjutnya sebaiknya dapat dilakukan penelitian secara kualitatif agar dapat menggali perasaan remaja lebih dalam tentang faktor-faktor lain yang mempengaruhi perilaku seksual remaja.

Item Type:Conference or Workshop Item (Poster)
Uncontrolled Keywords:pengetahuan seksualitas, sikap terhadap seksualitas, perilaku seksual
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:19859
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Aug 2010 15:00
Last Modified:09 Aug 2010 15:00

Repository Staff Only: item control page