ANALISIS SEGMENTASI PASAR PEMIRSA PROGRAM BERITA SORE (Studi Kasus di Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal)

Rosiatun, Aan (2010) ANALISIS SEGMENTASI PASAR PEMIRSA PROGRAM BERITA SORE (Studi Kasus di Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal). Undergraduate thesis, Faculty of Mathematics and Natural science.

[img]
Preview
PDF
116Kb

Abstract

Salah satu pendukung keberhasilan suatu perusahaan pertelevisian adalah bergantung pada penilaian pemirsanya. Jika keinginan para pemirsa terpenuhi sesuai dengan yang diinginkan pemirsa terhadap program-program yang ditayangkan maka dapat meningkatkan rating program dan pendapatan perusahaan. Permasalahan tersebut dapat terjawab dengan melakukan proses segmentasi pasar. Salah satu prosedur segmentasi pasar adalah tahap pembentukan segmen dengan menggunakan metode analisis k-means klaster yang diterapkan dalam proses pembentukan pasar pemirsa program berita sore. Proses pengelompokan pemirsa ke dalam masing-masing segmen yang ingin dibentuk, berdasarkan kemiripan karakteristik yang dimiliki dan dibentuk 3 segmen pasar pemirsa berita sore yaitu kelompok pemirsa yang memberikan penilaian rendah, pemirsa yang memberikan penilaian sedang dan pemirsa yang memberikan penilaian tinggi. Hasil dari proses segmentasi pasar dengan studi kasus di Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal diperoleh klaster 1 sebesar 25.2 %, klaster 2 sebesar 46 % dan klaster 3 sebesar 28.8 %. Strategi pemasaran dapat diarahkan pada responden yang berusia > 20 tahun karena memiliki jumlah anggota klaster yang terbesar. Hasil tersebut dapat digunakan oleh sebuah perusahaan pertelevisian untuk menentukan strategi pemasaran.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:karakteristik, segmentasi pasar, analisis klaster k-means
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:19784
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Aug 2010 12:15
Last Modified:12 Aug 2010 13:19

Repository Staff Only: item control page