Pebriani, Indah (2010) Penerapan Teori Antrian Pada Sistem Pelayanan di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tegal. Undergraduate thesis, Faculty of Mathematics and Natural science.
| PDF 24Kb |
Abstract
Antrian merupakan sebuah sistem yang terdiri atas orang-orang, kendaraan dan lain-lain, dimana mereka semua sedang menunggu untuk mendapatkan suatu pelayanan tertentu. Sedangkan sistem antrian adalah pelayanan kedatangan pelanggan, waktu tunggu pelayanan jika tidak segera dilayani, dan waktu tunggu untuk dilayani, serta meninggalkan sistem setelah dilayani. Antrian terbentuk jika banyaknya pelanggan yang akan dilayani melebihi kapasitas layanan yang tersedia. Hal ini juga terjadi pada antrian pemohon pajak kendaraan bermotor di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tegal, antrian terjadi pada saat pemohon menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan pengurusan pajak kendaraan bermotor di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tegal, yaitu pada pelayanan pendaftaran / penetapan, pelayanan pendataan, dan pelayanan penelitian ulang, pembayaran serta penyerahan STNK. Untuk menganalisis permasalahan antrian pemohon pajak kendaraan bermotor, salah satunya adalah melakukan analisis pada sistem pelayanan di Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tegal dengan menerapkan teori antrian, sehingga dapat diketahui model dan ukuran kinerja sistem antriannya. Berdasarkan hasil analisis teori antrian yang dilakukan diperoleh model antrian yang terbaik adalah (M/G/1):(GD/∞/∞) untuk pelayanan pendaftaran/penetapan, (M/G/1):(GD/∞/∞) untuk pelayanan pendataan dan (M/G/c):(GD/∞/∞) untuk pelayanan penelitian ulang, pembayaran serta penyerahan STNK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem antrian, Kantor Bersama SAMSAT Kabupaten Tegal |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics |
ID Code: | 19780 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 09 Aug 2010 12:08 |
Last Modified: | 09 Aug 2010 12:08 |
Repository Staff Only: item control page