Aplikasi Algoritma Genetika untuk Penjadwalan Mata Kuliah ( Studi Kasus : Program Studi Matematika Fakultas MIPA UNDIP).

Wibowo, M. Andi (2010) Aplikasi Algoritma Genetika untuk Penjadwalan Mata Kuliah ( Studi Kasus : Program Studi Matematika Fakultas MIPA UNDIP). Undergraduate thesis, Faculty of Mathematics and Natural science.

[img]
Preview
PDF
13Kb

Abstract

Kelancaran proses belajar mengajar di universitas sangat ditentukan oleh jadwal mata kuliah. Oleh karena itu diperlukan penjadwalan yang baik dengan melakukan pengaturan alokasi waktu dan ruang perkuliahan secara optimal terhadap mahasiswa, dosen, mata kuliah, dan fasilitas perkuliahan. Untuk menyelesaikan masalah penjadwalan mata kuliah diperlukan algoritma yang dapat menyelesaikan masalah multi-kriteria dan multi-objektif karena ada beberapa kendala yang harus diselesaikan dalam masalah ini seperti kendala pada mahasiswa, dosen, mata kuliah dan fasilitas perkuliahan. Salah satu algoritma yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah ini adalah algoritma genetika. Algoritma genetika merupakan salah satu algoritma yang sangat tepat digunakan dalam menyelesaikan masalah optimasi kompleks yang sulit dilakukan oleh metode konvensional.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:penjadwalan mata kuliah, algoritma genetika
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:19757
Deposited By:Ms Niken P
Deposited On:09 Aug 2010 11:10
Last Modified:09 Aug 2010 11:12

Repository Staff Only: item control page