MEMBANGUN KEPUASAN SUPPLIER DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKSI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Kayu UD.INDO ARIA Banyuputih Batang)

Filiani,, Desanti (2009) MEMBANGUN KEPUASAN SUPPLIER DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKSI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Kayu UD.INDO ARIA Banyuputih Batang). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1042Kb

Abstract

The research wants to explain about how to build supplier satisfaction for the agenda of increasing company production quality. The object of this research is UD. INDO ARIA Batang. The problem refers to business phenomenon which is showed by the raising level of rejected products and the declining number of supplier of UD. INDO ARIA Batang. As the result, the level of order fulfillment is decrease. From these facts, this research wants to answer the question on how to increase the company production quality through managing supplier satisfaction and what are factors that build supplier satisfaction. A model has been built and four research hypotheses have been formulated for this research. This research applies Sensus method that uses overall suppliers of UD. INDO ARIA Batang as respondent in the number of 101 suppliers. Data analysis utilizes Structural Equation Modeling (SEM) and Impotance and Performance Analysis (IPA) by means of SPSS and Amos 4.01 computer programs. The result of this research shows that commitment, trust and communication positively influence supplier satisfaction. As the result, supplier satisfaction positively influences company production quality. Suppliersatisfaction is formed by commitment, trust and communication. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komitmen, kepercayaan dan komunikasi terhadap kepuasan supplier dan kepuasan supplier terhadap kualitas produksi perusahaan. Obyek penelitian ini adalah UD. Indo Aria Batang dengan merujuk pada fenomena bisnis yang ditunjukkan pada tingkat afkir yang semakin meningkat dan kecenderungan jumlah supplier yang bergabung semakin menurun sehingga mengakibatkan tingkat pemenuhan barang pada UD. Indo Aria pun mengalami penurunan. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana membangun kepuasan supplier agar kualitas produksi perusahaan meningkat sesuai dengan harapan. Sebuah permodelan telah dibangun dan empat hipotesis penelitian telah dirumuskan untuk tujuan penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan metode Sensus yang melibatkan seluruh supplier yang pernah bergabung dengan UD. Indo Aria sebagai responden sejumlah 101 supplier. Analisis data mempergunakan Structural Equation Model dan Impotance and Performance Analysis (IPA) dengan alat bantu program komputer SPSS dan Amos 4.01. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen, kepercayaan dan komunikasi berpengaruh positif terhadap kepuasan supplier. Sebagai hasilnya, Kepuasan supplier berpengaruh positif terhadap kualitas produksi perusahaan. Kepuasan supplier dibentuk oleh komitmen, kepercayaan dan komunikasi

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:19673
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:09 Aug 2010 06:35
Last Modified:09 Aug 2010 06:35

Repository Staff Only: item control page