PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPEMIMPINAN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO - JUSUF KALLA MENGENAI PENANGANAN MASALAH KEMISKINAN (Studi Kasus di Kecamatan Serang, Kota Serang, Propinsi Banten)

Primadia, Randi (2008) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPEMIMPINAN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO - JUSUF KALLA MENGENAI PENANGANAN MASALAH KEMISKINAN (Studi Kasus di Kecamatan Serang, Kota Serang, Propinsi Banten). Undergraduate thesis, Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Submitted Version
302Kb

Abstract

Kepemimpinan nasional di Indonesia yang telah berganti-ganti sebanyak lima kali, ternyata cukup berpengaruh terhadap kehidupan rakyat Indonesia, sehingga menimbulkan persepsi dan partisipasi yang berbeda pula pada setiap masa kepemimpinannya, terutama pada era kepemimpinan saat ini (Susilo Bambang Yudhoyono – Jusuf Kalla) dimana banyak terobosanterobosan baru dalam berbagai kebijakan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dalam bidang penanganan masalah kemiskinan. Namun, keadaan ekonomi yang semakin sulit, menjadikan tingkat keyakinan masyarakat terhadap sang pemimpin berkurang dan bahkan dapat berubah menjadi krisis kepercayaan. Melihat fenomena yang terjadi, maka penulis ingin mengetahui sejauh mana tingkat penilaian dan persepsi masyarakat terhadap kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono – Jusuf Kalla terhadap penanganan masalah kemiskinan yang dirasa belum menunjukkan hasil-hasil yang cukup signifikan, serta tingkat efektivitas dari program-program pengentasan kemiskinan perlu dikaji ulang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Untuk penarikan sampel, penulis menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Daerah penelitian meliputi seluruh kelurahan di wilayah Kecamatan Serang, sehingga tiap kelurahan akan diambil 2-16 orang responden. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu merupakan hasil kuesioner terhadap responden, dan juga sumber data sekunder yang didapatkan dari buku, laporan, dokumen, serta data lain yang dipublikasikan melalui surat kabar, majalah, dan situs di internet. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat di Kecamatan Serang, Kota Serang, Propinsi Banten terhadap kepemimpinan nasional saat ini mengenai penanganan masalah kemiskinan melalui programprogram pengentasan kemiskinan yang telah digulirkan, ternyata masih banyak masyarakat yang menilai bahwa program-program tersebut kurang efektif karena tingkat kemiskinan masih sangat tinggi dan kesejahteraan yang diidam-idamkan selama ini masih belum tercapai. Hal tersebut dapat menjadi “bumerang” kepada pemimpin tersebut, apabila tidak segera diambil sikap evaluatif yang baik. Kata Kunci : Persepsi, Kepemimpinan Nasional, Penanganan Kemiskinan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
A General Works > UNDIP Formal Documents
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:19661
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:07 Aug 2010 11:28
Last Modified:07 Aug 2010 11:28

Repository Staff Only: item control page